D-ONENEWS.COM

Sungai Kuantan Meluap, 2.949 Rumah Warga Kabupaten Kuantan Singingi Riau Kebanjiran

Riau (DOC) – Banjir bandang melanda wilayah Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau. Banjir yang dipicu curah hujan tinggi ini menenggelamkan sedikitnya 2.949 rumah warga.

“Dari data yang kita kumpulkan ada 2.949 rumah terdampak banjir dari luapan sungai Kuantan. Ada 9 kecamatan saat ini yang terkena banjir,” kata Kapolres Kuansing, AKBP Muhammda Mustofa, Selasa (6/11/2018).

Mustofa menjelaskan, kondisi banjir ini paling parah menimpa warga desa yang ada di sepanjang bantaran sungai Kuantan. Ketinggian air akibat luapan banjir ada yang mencapai 1,5 meter. Sebagian lagi rata-rata mencapai 60 cm hingga 90 cm.

“Walau rumah warga saat ini terkepung banjir, belum ada yang mengungsi, tidak ada korban jiwa. Mereka hanya menyelamatkan barang-barangnya untuk dibawa ke lokasi yang tidak terkena babjir,” kata Mustofa.

Walau belum ada yang mengungsi, namun pihak Polres Kuansing telah mendirikan tenda darurat untuk menampung warga bila nantinya harus meninggalkan rumahnya.

“Warga belum mengungsi, karena sebagian besar rumah di bantaran sungai berbentuk panggung. Walau demikian, kita tetap persiapkan tenda untuk penampungan,” katanya.

Kapolres Kuansing telah mengintruksikan ke jajarannya untuk tetap memantau lokasi banjir karena curah hujan masih tinggi. Pihak kepolisian juga memberikan bantuan berupa sembako ke warga yang terkena banjir.

“Anggota kita di lapangan juga membantu warga yang menyelamatkan barang-barangnya untuk dibawa ke tempat yang aman,” kata Mustofa

“Ada 1.500 hektare sawah masyarakat kini teredam air. Kondisi sawah yang terdampak banjir kini tidak bisa dikelola masyarakat,” tutup Mustofa.(dtc/ziz)

Loading...

baca juga