D-ONENEWS.COM

Tak Pilih Surabaya, PKB Incar Kursi Kepala Daerah di Sidoarjo Tuban dan Sumenep

Surabaya,(DOC) – Tak ingin merebut kursi Wali Kota Surabaya, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) incar kursi kepala daerah tiga wilayah di Jawa Timur pada Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada 2020 mendatang.

foto : Wakil Sekretaris DPW PKB Jatim, Aliyadi Mustofa

Ketiga wialayah yang menjadi incaran PKB yaitu  Sidoarjo, Tuban, dan Sumenep. Di tiga daerah ini diharapkan bisa dipertahankan kemenangannya dengan memunculkan kader internal.

DPW PKB Jawa Timur saat ini mulai konsentrasi terhadap pelaksanaan pilkada serentak 2020. Salah satu konsentrasinya adalah basis partai yang selama ini dipimpin kader PKB.

“Kami berusaha semaksimal mungkin daerah-daerah yang merupakan basis PKB dan dipimpin kader partai harus dipertahankan kemenangannya,” kata Wakil Sekretaris DPW PKB Jawa Timur, Aliyadi Mustofa, Rabu(10/7/2019).

Bukan berarti PKB mengabaikan kabupaten-kota lain yang juga menggelar pilkada tahun depan. Politisi yang juga anggota DPRD Jawa Timur itu tetap menargetkan kemenangan sapu bersih di semua daerah yang menggelar pilkada.

Aliyadi mengaku sejauh ini partainya tengah melakukan konsolidasi guna merealisasikan target kemenangan menyeluruh. Dari konsolidasi dengan beberapa partai, semua calon sudah disiapkan untuk kemenangan di pilkada serentak.

“Kami juga sudah menetapkan kemenangan di basis utama dan daerah non basis bersama partai lain,” jelasnya.

Sejauh ini PKB belum bersedia mengumumkan sosok yang sudah diusung di daerah basis maupun nonbasis. Namun Aliyadi mengutamakan kader internal, meski tidak menutup kemungkinan partai tetap memberi ruang kepada kader eksternal.

Menurutnya, nama-nama yang mencuat ke permukaan di tiap daerah akan diserahkan ke DPP PKB. Selanjutnya pengurus pusat menganalisa figur yang layak untuk diusung.

“DPP PKB sudah bisa menganalisasi seluruh calon kepala daerah baik dari kader maupun eksternal. Keputusan tetap di pusat. Kami hanya merekomendasikan,” tuturnya.

Sebanyak 19 kabupaten-kota di Jawa Timur akan menggelar pilkada serentak tahun depan. Di antaranya, Sumenep, Trenggalek, Surabaya, Banyuwangi, dan Kabupaten-Kota Blitar.

Kemudian Kabupaten Malang, Ngawi, Kabupaten Mojokerto, Kota Pasuruan, Tuban, Lamongan, Ponorogo, Pacitan, Sidoarjo, Jember, Situbondo, Gresik, dan Kabupaten Kediri.

KPU telah menyiapkan pelaksanaan pilkada serentak tanggal 23 September 2020.(div/r7)

Loading...