D-ONENEWS.COM

Jharan Kencak Akan Dilestarikan Setiap Tahun Lewat Festival Budaya Nasional

Lumajang,(DOC) – Dalam rangka memperingati Hari Jadi Lumajang ke-763 Pemerintah Kabupaten Lumajang menggelar Festival Jharan Kencak.

Festival jharan kencak diikuti 150 peserta jharan kencak dari seluruh seniman di Kabupaten Lumajang.

Acara festival ini diselenggarakan di lapangan GOR Wira Bhakti Lumajang, Minggu (2/12/2018). Usai melakukan pertunjukan, Ratusan Jharan Kencak itu diarak menuju Alun-alun Lumajang, melalui Jl. HOS Cokroaminoto, Jl. PB. Sudirman dan JL. S. Parman dan Finish di Alun-alun Utara.

Bupati Lumajang Thoriqul Haq,M.ML, bersama Wakil Bupati Lumajang, Ir. Indah Amperawati, M.Si., menyampaikan pihaknya akan terus berkomitmen melestarikan warisan budaya tan benda asli Kabupaten Lumajang itu.

“Saya dan Bunda Indah berkomitmen melestarikan. Kuda-kudanya ini saya lihat sudah luar biasa,” ungkapnya.

Cak Thoriq berkeinginan agar Festival Jharan Kencak menjadi agenda budaya nasional.

Sebagai salah satu perhatian pemerintah kepada para seniman Jharan Kencak, Cak Thoriq meminta Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lumajang untuk membentuk paguyuban seniman jharan kencak agar Pemerintah bisa memberikan bantuan melalui dana hibah.

Sementara itu, Bunda Indah mengatakan, sebagai masyarakat Lumajang wajib berbangga dan melestarikan warisan budaya asli Kabupaten Lumajang.

“Kita akan cari lagi potensi budaya lagi yang asli lumajang selain jharan kencak,” ungkpanya.

Di sisi lain, Ketua Panitia Indriyanto, S.H., mengatakan, festival Jharan Kencak bertujuan untuk memberikan motivasi kepada para seniman, agar tetap konsisten dalam pelestarian kesenian daerah yang sudah diakui sebagai warisan budaya tan benda Kabupaten Lumajang tersebut.(imam/r7)

Loading...

baca juga