D-ONENEWS.COM

Timnas Garuda Diterkam Thailand 0-4 di Final Piala AFF Leg 1, Begini Reaksi Shin Tae-yong

Jakarta (DOC) – Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengaku tidak menyangka anak asuhnya kalah 0-4 dari Thailand pada leg pertama final Piala AFF 2020.

Pertandingan timnas Indonesia vs Thailand berlangsung di National Stadium Singapore pada Rabu (29/12) malam WIB.

Bintang kemenangan timnas Thailand kali ini adalah Chanathip Songkrasin yang berhasil mencetak dua gol pada menit kedua dan 52′.

Adapun dua gol timnas Thailand lainnya dibukukan oleh Supachak Sarachat (67′) dan Bordn Phala (83′).

Menilik data statistik, timnas Thailand layak menang dengan skor mencolok karena tampil sangat mendominasi sejak awal pertandingan.

Timnas Thailand dengan 67 persen penguasaan bola tercatat berhasil melepaskan 19 tembakan ke arah gawang sepanjang pertandingan.

Di sisi lain, timnas Indonesia mengakhiri pertandingan dengan hanya satu shoot on target.

Seusai pertandingan, Shin Tae-yong mengaku terkejut dengan kekalahan telak yang harus diterima timnas Indonesia.

Terlepas dari hal itu, Shin Tae-yong berharap pemain-pemain muda timnas Indonesia banyak belajar dari kekalahan kali ini.

“Saya tidak menyangka timnas Indonesia akan kemasukan banyak gol dan kalah dengan skor besar,” kata Shin Tae-yong, dilansir dari Kompas.com, Kamis (30/12).

“Sekali lagi, sangat terasa bahwa skuad timnas Indonesia masih kurang pengalaman,” tutur Shin Tae-yong menambahkan.

“Sangat penting untuk terus bergerak maju. Pola bermain dan hal-hal yang kami lakukan dengan bagus sepanjang turnamen, kami akan fokus pada aspek positif tersebut,” ujar Shin Tae-yong.

“Saya akan terus mengingatkan pemain untuk bermain lebih baik pada leg kedua,” tutur pelatih asal Korea Selatan itu menambahkan.

Kalah dengan margin empat gol menjadi hasil terburuk timnas Indonesia pada final Piala AFF atau Piala Tiger.

Sebelumnya, kekalahan terburuk timnas Indonesia adalah 1-4 dari Thailand (final Piala AFF 2000) dan 0-3 dari Malaysia (leg pertama final Pialaa AFF 2010).

Kekalahan 0-4 membuat timnas Indonesia wajib mengalahkan Thailand dengan margin minimal empat gol pada waktu normal final kedua untuk menjaga asa juara.

Di sisi lain, timnas Thailand hanya membutuhkan hasil imbang pada final kedua untuk meraih gelar juara Piala AFF 2020.

Leg kedua final Piala AFF 2020 antara timnas Indonesia dan Thailand akan kembali dihelat di National Stadium Singapore pada Sabtu (1/1) malam WIB. (kc)

Loading...