D-ONENEWS.COM

UNBK di Sulawesi Barat Kacau Gara-gara Server Ngadat

ilustrasi

Polewali Mandar (DOC) – Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) menghadapi masalah, Rabu (4/4/2018). Server yang digunakan sebagai distribusi soal UNBK ngadat. Imbasnya, pelaksanaan UNBK molor hingga 1,5 jam. Situasi ini membuat ratusan siswa resah.

Keresahan itu dialami ratusan peserta UNBK di DDI Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Jadwal ujian yang seharusnya dimulai pukul 07.30 Wita ternyata baru dimulai pukul 09.00 Wita. Sistem koneksi jaringan server yang macet alias bermasalah membuat panitia dan peserta ujian merasa cemas dan panik.

Ratusan siswa peserta UNBK di SMK DDI Polewali Mandar ini terlihat hanya mondar-mandir di depan ruangan ujian sambil menunggu petugas teknis berusaha menghubungkan koneksi sistem jaringan server yang macet alias bermasalah hingga peserta ujian tak bisa mengakses soal ujian.

Sejumlah siswa yang cemas menunggu tampak hanya duduk-duduk di luar ruang ujian sambil bersenda gurau dengan temannya. Guru pengawas yang sedianya juga akan mengawasi jalannya UNBK terlihat menunggu di depan kelas atau ruagan ujian bersama peserta ujian.

Ketua Panitia UNBK, Ayyub mengatakan, kendala yang dialami adalah koneksi jaringan dan sarana komputer yang terbatas.

“Sedianya ujian digelar mulai pukul 07.30 Wita dalam tiga sesi, tetapi karena ada kendala teknis, jadwal molor hingga pukul 09.00 Wita baru bisa dimulai,” jelas Ayyub.

Terbatasnya fasilitas komputer dibanding jumlah peserta membuat panitia UNBK membagi ujian ini dalam tiga sesi ujian, yakni sesi pertama pada pukul 08.00 hingga 10.00, sesi kedua pukul 10.00 hingga 12.00, dan sesi ketiga pukul 14.00 hingga 16.00.

Namun, karena adanya gangguan teknis, jadwal ujian jadi molor lebih lama dari waktu yang seharusnya. Setiap sesi terdiri dari 40-50 orang siswa. Adapun jumlah peserta UNBK di SMK DDI Polman tercatat 144 siswa.(kcm/ziz)

Loading...

baca juga