Wow, Mobile Legends Masuk dalam Ajang SEA Games 2019

Jakarta (DOC) – Kabar gembira bagi para penghobi Mobile Legends. Menurut laporan resmi yang dilansir dari Fox Sports Asia, Mobile Legends yang masuk dalam kategori esports kini menjadi salah satu cabang olahraga (cabor) Kategori 3 yang diusulkan oleh Philippines South East Asian Games Organizing Committee (PhilSGOC) untuk disertakan dalam SEA Games 2019 di Manila, bersama dengan cabang olahraga lainnya seperti jiu-jitsu, lawn bowling/petanque dan netball.
Berbeda dibanding keikutsertaannya di Asian Games 2018 yang bersifat sebagai turnamen eksibisi non-resmi, penyelenggaraan cabor eSports kali ini bersifat resmi.
Artinya, setiap pemenang akan mendapat medali dan diperhitungkan dalam klasemen perolehan medali, seperti cabang olahraga lainnya.
Dengan demikian, atlet eSports akan mendapat kesempatan lebih besar untuk mengharumkan nama negaranya di kancah internasional.
“Kami menyambut baik perkembangan terbaru ini dan tentunya untuk saat ini yang bisa kita lakukan adalah memastikan kesiapan time e-sports dari Indonesia,” kata Ketua Umum Indonesia e-Sports Association (IeSPA), induk organisasi eSports di Indonesia, Eddy Lim.
Dimasukkannya Mobile Legends sebagai salah satu cabang gim yang dipertandingkan tidaklah mengherankan, mengingat tingginya popularitas dari gim tersebut di Kawasan Asia Tenggara.
Sejauh ini, salah satu cabang gim yang diumumkan baru Mobile Legends.
Eddy mengatakan, pihaknya optimistis kontingen Indonesia bisa berprestasi lebih di pergelaran e-sports SEA Games 2019.
Eddy Lim sendiri melihat kemungkinan Indonesia bisa lebih berprestasi di ajang SEA Games mendatang.
Terutama mengingat tingkat persaingannya lebih sedikit dibanding ajang Asian Games yang lalu.
Walaupun sejauh ini cabang gim lain yang akan dipertandingkan masih off the record, Eddy berharap penyelenggaraan cabor e-sports di SEA Games mendatang mampu menarik lebih banyak perhatian dari kalangan milenial.
“Beberapa tim e-sports dari Indonesia sudah sering berkompetisi di tingkat lokal maupun internasional di cabang gim Mobile Legends,” sambungnya.
“Sedangkan di cabang gim lain, seperti Clash Royale, kita punya Ridel yang sudah bersaing di Asian Games 2018 lalu. Karena itu, kami menunggu informasi cabang gim lainnya yang akan dipertandingkan di SEA Games 2019,” lanjutnya.
Selain Mobile Legends, beragam permainan gim yang saat ini sedang populer seperti PUBG Mobile dan Clash Royale juga memiliki peluang besar untuk turut dapat dipertandingkan dalam SEA Games 2018.
Kevin Raharja, Head of Marketing Nimo TV, mengungkapkan bahwa pihaknya mendukung penuh segala bentuk persiapan yang akan dilakukan oleh kontingen eSports Indonesia dalam menghadapi ajang olahraga terbesar di Asia Tenggara ini.
Kevin sendiri meyakini bahwa aspek interaksi antara penggemar dan streamer yang ditawarkan di platform livestreaming seperti Nimo TV dapat memacu dukungan bagi pro player yang terlibat.
“Selain itu, sesama pro player juga bisa saling belajar satu sama lain sehingga bisa mengasah skill-nya lebih jauh,” ujarnya.(rls/ziz)