D-ONENEWS.COM

1.170 Ekor Ikan Koi Ikut Kontes Piala Bupati Cup Lumajang

Lumajang,(DOC) – Ribuan pelaku budi-daya ikan koi se Indonesia ikut tampil di Piala Bupati Cup Lumajang Koi Show. Event yang di gelar selama tiga hari (17-19 Juni) berlangsung di Gor Wira Bhakti Lumajang, Sabtu (18/6/2022). Ikan – ikan andalan yang di tampilkan memiliki keindahan corak, motif dan bentuknya.

Ketua Panitia sekaligus Ketua Lumajang Koi Klub (LKC), Maria Madjid mengatakan, ada 1170 ekor koi yang ikut kontes ikan hias. “Event Bupati Cup Lumajang Koi Show adalah merupakan event pertama kali di laksanakan di Lumajang,” Ujarnya.

Tingginya animo peserta pada event ini, tentunya di harapkan bisa menjadi nilai tambah dunia perkoian, khususnya di Kabupaten Lumajang. Sekaligus moment pengenalan daerah dengan segala komoditi dan destinasi wisatanya. Tentu sektor bisnis dan pariwisata Lumajang juga turut terdongkrak.

“Kami berharap bisa menambah gairah bisnis ikan koi di lumajang. Meningkatkan animo masyarakat untuk cinta terhadap koi. Dan Lumajang semoga lebih punya peran di tingkat nasional,” katanya.

Sementara itu, Handoko salah satu juri menjelaskan, ada beberapa kriteria penilaian dalam penjurian. Antara lain yang pertama adalah Body yang proposional atau torpedo. Selanjutnya Skin quality dari ikan tebal halus dan patern/corak harus mempunyai pola seimbang kiri – kanan maupun depan – belakang.

“Ada 25 varietas yang di lombakan dan terbagi menjadi 5 kelas A,B,C,D,E. Kualitas ikan yang di perlombakan dari tahun ke tahun semakin meningkat termasuk peraih grand champion qualitasnya memang bagus, body, skin, dan patern nya bagus,” pungkasnya.(imam/r7)

Loading...