D-ONENEWS.COM

14 Ribu Pekerja Migran Akan Pulang ke Jawa Timur, Gubernur Minta Daerah Mempersiapkan Tempat Karantina dan Test PCR

timur, Surabaya,(DOC) – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menggelar rapat koordinasi dengan Forkopimda dan seluruh Bupati/Walikota se jatim, untuk membahas pengamanan larangan ‘Mudik Lebaran’ tahun 2021, sekaligus mendiskusikan penanganan 14 ribu Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang akan pulang menjelang dan sesudah Hari Raya Idul Fitri.

Mengenai pengamanan Mudik Lebaran, Pemprov Jatim akan melakukan penyekatan di sejumlah titik, yang akan dilaksanakan pada akhir April 2021.

Sementara mengenai penanganan para PMI yang kembali ke Jawa Timur karena masa kontrak kerja habis di luar negeri, Gubernur meminta jajarannya dan seluruh daerah Kabupaten/Kota mempersiapkan tempat karantina, rumah sakit maupun tes pcr bagi pekerja migran yang terindikasi mengalami gejala Covid-19.

“Yang terkonfirmasi, kalau data tidak direvisi, maka ada sekitar 14 ribu. Gede sekali,” ungkap Khofifah di sela Rakor, Kamis(22/4/2021).

Pada tahun kemarin, Jawa Timur kedatangan Pekerja Migran Indonesia hanya sebanyak 2100 jiwa. “Datang di bulan ramadhan sampai pasca Idul Fitri. Mereka bukan mudik lho, tapi karena kontrak kerjanya habis,” jelasnya.

“Bagaimana tempat karantinanya kalau tiap hari yang datang antara 600 -700 orang. Kalau dalam proses identifikasi ada gejala terkonfirmasi positif hasil PCR test, mereka bisa dikirim ke rumah sakit darurat lapangan masing masing Bupati/Walikota yang terkonfirmasi dan daerah tujuan berbeda sesuai pengelompokan,” tambahnya.

 

Gubernur meminta para Pekerja Migran di terima di Pendopo Kabupaten/Kota masing-masing untuk mempermudah pendataan. Namun sebelumnya harus menjalani test PCR dulu, untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19.

“Kalau jurusan Madiun diantar sampai Pendopo Madiun. Jangan sampai KTP Pasuruan diantar ke Madiun. Saat ngantar ada serah terima. Mereka telah bekerja keras dan harus ada penghormatan dengan pelayanan semaksimal mungkin,” pungkas Khofifah.(fadiv/hadi/r7)

Loading...

baca juga