D-ONENEWS.COM

155.246 Pelanggan PLN di Lumajang Nikmati Listrik Gratis

Lumajang,(DOC) – Sebanyak 181.328 pelanggan PLN di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur akan menikmati kebijakan pembebasan dan diskon 50 persen untuk pembayaran listrik mulai April 2020. Kebijakan tersebut dilakukan untuk meringankan beban masyarakat terdampak pandemi Covid-19 atau virus corona.

“Di Lumajang ada sekitar 181.328 pelanggan bakal dibebaskan dan mendapatkan diskon bayar tagihan listrik, dengan rincian pembebasan biaya tagihan tarif Rumah Tangga daya 450 VA sebanyak 155.246 pelanggan, dan keringanan biaya tagihan listrik 50% tarif Rumah Tangga Daya 900 VA sebanyak 26.082 pelanggan,” ujar Manajer PLN ULP Lumajang Hendik Purwahyudi saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya, Jumat (3/4/2020).

Hendik juga menyampaikan, bahwa untuk pelanggan Pra-bayar dan Pasca-bayar Tarif Rumah Tangga daya 450 VA nantinya akan dibebaskan biaya tagihan pembayaran listrik mulai bulan April hingga Juni 2020 nanti.

Sedangkan, untuk pelanggan Pra-bayar dan Pasca-bayar Tarif Rumah Tangga daya 900 VA nantinya juga akan mendapatkan subsidi atau diberikan keringanan biaya 50 persen.

“Untuk pelanggan yang menerima pembebasan dan diskon 50 persen pembayaran listrik nanti, data BDT (Program Perlindungan Sosial, red) yang dikelola oleh Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) telah terkoneksi dengan sistem PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN). Jadi, dapat dipastikan bahwa penyaluranya akan tepat sasaran,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Bagian Administrasi Perekonomian Setda Kabupaten Lumajang Agus Setiawan menerangkan, bahwa dengan direalisasikannya kebijakan pembebasan dan diskon tarif listrik tersebut, diharapkan dapat meringankan beban masyarakat tidak mampu dalam waktu tiga bulan kedepan.

“Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengumumkan pembebasan pembayaran listrik bagi 24 juta pelanggan dengan daya 450 VA (Volt Ampere, red) dan memberikan diskon 50 persen bagi 7 Juta pelanggan dengan daya 900 VA bersubsidi,” terang dia saat dikonfirmasi di kantornya, Jumat (3/4/2020).

Dirinya juga berharap, dengan dibebaskan dan diberikan diskon untuk tagihan pembayaran listrik saat ini, masyarakat dapat tetap berkegiatan di rumah untuk mencegah penularan virus corona semakin meluas.

Ketika dikonfirmasi, Manajer PLN ULP Lumajang Hendik Purwahyudi juga menjelaskan, bahwa untuk dapat menikmati program tersebut, masyarakat dapat mengikuti mekanisme sebagai berikut :

  1. Pertama, Mekanisme melalui website, dengan cara:
    Buka Alamat www.pln.co.id, kemudian masuk ke menu pelanggan dan langsung menuju ke pilihan stimulus covid-19.
    Masukkan ID Pelanggan/ Nomor Meter, kemudian Token Gratis akan ditampilkan pada Layar.
    Selanjutnya, pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.
  2. Kedua, pelanggan juga dapat mengakses platform media sosial Whastapp yang telah disediakan, dengan cara :
    Buka Aplikasi WhatsApp.
    Chat WhatsApp ke 08122-123-123 , ikuti petunjuk, salah salah satunya masukkan ID Pelanggan.
    Token gratis akan muncul
    Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Lanjut dia, dengan ID pelanggan tersebut, nantinya pelanggan PLN akan mendapatkan token senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir. Dan, proses tersebut akan tuntas dalam sepekan ke depan, sehingga seluruh pelanggan yang digratiskan dan mendapatkan diskon sudah dapat terlayani seluruhnya.

“Proses pembagian Token Bebas Tagihan dan Diskon Tarif Listrik ini memang bertahap, yang sudah dimulai pada tanggal 1 April, paling lambat tanggal 11 April seluruh pelanggan yang berhak sudah bisa menikmati program ini,” jelasnya.

Ia menambahkan, bahwa pihaknya juga menyediakan layanan pengaduan melalui kontak center dengan nomor telepon 0334-123, jika dalam realisasi program tersebut masyarakat mengalami kendala.

“Tentunya dalam pelaksanaannya nanti pasti ada kendala-kendalam di lapangan, terutama bagi pelanggan Pra-bayar/listrik pulsa/token yang tidak mempunyai akun platform Whatsapp atau yang sulit terhubung ke Internet. Jadi, kami menyediakan kontak center agar masyarakat dapat menyampaikan kendala yang dihadapi,” imbuhnya.

Dirinya juga berharap, agar nantinya pelanggan atau masyarakat bisa saling bantu untuk mendapatkan token pulsa gratis/diskonnya, sehingga masyarakat penerima program tersebut juga dapat menikmati manfaatnya.(imam)

Loading...

baca juga