D-ONENEWS.COM

Adanya Perkembangan, Underwater Hockey Dipamerkan di Kolam Dispora Jatim

Surabaya, (DOC) – Terhitung baru di Asia Tenggara maupun di Indonesia, Underwater Hockey coba dipamerkan di kolam renang Dispora Jawa Timur, di sela-sela Kejurnas Piala Gubernur Jatim, Sabtu (4/12/2021).

Menurut keterangan Ketua Umum POSSI Jatim, Mirza Muttaqien mengatakan, jika ini underwater hockey masuk dalam cabang olahraga selam.

“Di POSSI itu ada sub 4 Cabor, Finswiming, Orientoring, Free Dive, kemudian Underwater Hockey. Underwater Hockey pada Sea Games kemarin itu mendapatkan 1 perak, 1 perunggu nomor putra, sedangkan nomor putri 2 perunggu, artinya ini sudah punya potensi yang luar biasa tinggal bagaimana kemudian teman-teman berbasis dari Finswiming bisa ikut ke Underwater Hockey, maka itu kami perkenalkan pada mereka, bagaimana underwater hockey itu, dan beberapa atlet,” jelas Mirza.

Saat ini, meski baru di Indonesia, namun ada kemungkinan akan segera digelar Kejurnas nomor ini.

“Mungkin akan datang segera dilakukan, karena di tingkat provinsi belum banyak klub, mungkin waktu dekat bekerjasama Pengprov dan PB akan kita gelar Kejurnas Underwater Hockey,” ungkapnya.

Tak hanya kompetisi, kemungkinan besar akan segera coaching clinic untuk mengenalkan nomor baru tersebut.

“Harapannya kemudian setelah Kejurnas kita coaching clinic kemudian ada banyak dari provinsi-provinsi untuk mengirimkan atletnya, harus bentuk 1 tim, 1 atau 2 orang enggak apa-apa yang penting cocok langsung aja dibentuk tim,” terangnya.

Sementara itu, salah satu anggota PB POSSI yang datang, Fandi Setiakelvara yang turut datang, juga menjelaskan perihal nomor ini. Bahkan ia mengatakan jika ada perkembangan cukup pesat di beberapa provinsi.

“Untuk underwater hockey sendiri di Jakarta sudah 1 klub, di Bandung baru mulai di UPI, Jogja juga ada, Semarang ada di Undip, dan Surabaya. Kemungkinan besar untuk di beberapa provinsi sudah mulai menanyakan kita untuk membuka klub,”

“Kurang lebih ada 5 di Indonesia, sedangkan di Sea Games sendiri ini Cabor yang baru, kemarin Alhamdulillah kita dapat prestasi yang baik, itu diatas dari apa yang kita targetkan,” imbuh Fandi.

Dalam pertandingan tersebut, setidaknya ada 10 orang dalam 1 tim. Ada 6 orang bermain dan ada 4 cadangan.

Salah satu atlet yang turut mencontohkan pertandingan Underwater Hockey, Daren Winanta, menunjukan perbedaan dari nomor underwater hockey dan finswiming.

“Kalau perbedaannya sendiri cukup signifikan, karena kalau itu perorangan, sedangkan olahraga underwater hockey itu tim, jadi untuk menyesuaikannya agak susah, tapi seiring berjalannya waktu dengan main bareng-bareng itu cepet, apa lagi basicnya dari selam,”

“Ini hanya pakai snorkel, ini pertandingan no body contact, tapi saat di dalam air akhirnya ada body contact juga,” jelasnya

Senada, Sigit Raharjo juga menjelaskan perihal underwater hockey sendiri. Jika dalam 1 pertandingan akan disuguhkan keseruhan sendiri.

“Ini olahraga tim, jadi ada keseruhan sendiri, jadi ada koordinasi, dan gameplay. Ada resiko ketendang, harusnya ada batasan jadi nantinya ada pelanggaran. Selain kita ngatur strategi, kita juga mengatur nafas saat di dalam air, selain backup teman kita juga harus mikir kekuatan kita kuat tidaknya nafas sendiri,” tandasnya. (r7)

Loading...

baca juga