D-ONENEWS.COM

Aktor Lawas Rudy Salam Meninggal Dunia, Keluarga Ungkap Kronologinya

Jakarta (DOC) – Aktor senior Rudy Salam meninggal dunia pada Jumat (18/11) kemarin. Pihak keluarga pun menjelaskan kronologi meninggalnya sang aktor. Kakak dari aktor Roy Marten itu disebut sempat mengalami vertigo.

Adik Rudy, Chris Salam, menyebut kakaknya itu sudah sakit selama tiga tahun terakhir dan hanya bisa berbaring dan tidak ingin bergerak banyak.

“Motoriknya, ya waktu itu kan vertigo. Dia [Rudy Salam] merasa lebih enak tidur,” kata adik Rudy, Chris Salam, di rumah duka Cikini, seperti dilansir dari laman CNN Indonesia, Sabtu (19/11).

“Lama kelamaan masa ototnya hilang, kaku, dia sulit bergerak,” katanya.

Chris Salam juga mengatakan Rudy enggan untuk bergerak dan lebih banyak mengurung diri di rumah. Meski bila bertemu masih bisa tertawa, keluarga memperhatikan kondisi Rudy terus menurun seiring berjalannya waktu.

Chris pun menduga semangat Rudy Salam untuk hidup juga memudar seiring dengan kondisinya yang terus menurun.

Apalagi Rudy disebut enggan terbuka dengan kondisinya kepada orang lain sehingga Chris pun tak mengetahui persis apa yang membuat Rudy “pesimis” untuk tetap bisa sehat.

Sementara itu, istri Rudy Salam, Marina Gardena menjelaskan sang aktor sempat tidur seperti biasanya. Namun pada Jumat pagi, sesuatu yang berbeda terjadi.

“Kemarin dia tidur seperti biasa. Masih bisa makan, karena biasa begitu. Pagi kok beda, matanya agak kosong. Aduh cepat-cepat kita bawa ke rumah sakit,” kata Marina.

“Dia itu sebetulnya depresi sudah tujuh tahun. Sudah enggak bisa jalan, dia memang di rumah saja begitu. Kalau dibilang sakitnya apa ya enggak ada,” katanya.

“Pas di jalan ke RS, udah enggak ada. Padahal jarak antara rumah ke rumah sakit itu dekat sekali,” timpal Chris.

Rudy Salam meninggal pada usia 73 tahun, Jumat (18/11). Menurut pengumuman duka, aktor tersebut meninggal pukul 06.04. Usai disemayamkan di rumah duka, jenazah akan diberangkatkan ke kampung Rudy di Salatiga.

Penutupan peti jenazah dilakukan pada Sabtu (19/11) pukul 14.00 WIB di Salatiga yang kemudian akan dilanjutkan dengan kremasi.

Rudy diketahui meninggalkan seorang istri bernama Marina Gardena, dua orang anak Runa Ricci Salam dan Rama Perkasa Salam, serta empat orang cucu. (cnn)

Loading...