D-ONENEWS.COM

Bupati Lumajang Resmikan Pamsimas III Desa Krasak Kedungjajang

Lumajang, (DOC) – Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, M.ML., resmikan Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) III TA 2019 Desa Krasak, Kecamatan Kedungjajang, Kabupaten Lumajang, Jum’at(15/11/2019).

Didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kab. Lumajang, Drs. Yos Sudarso, MM., Kadis. Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kab. Lumajang, Drs. Karna Suwandi, M.M., serta Plt. Bappeda Kab. Lumajang, Ir. Retno Wulan Andari, M.Si., Bupati yang kerap disapa Cak Thoriq itu, mengungkapkan bahwa air merupakan kebutuhan dasar yang harus dimiliki masyarakat. Dengan adanya daerah yang mengalami krisis air,

Cak Thoriq menegaskan, pemerintah wajib hadir untuk mengatasi persoalan tersebut. Program Pamsimas merupakan upaya dari Pemkab. Lumajang, dalam rangka menyediakan air bersih kepada masyarakat.

Berdasarkan penuturan salah seorang warga, sebelum Pamsimas hadir, mayoritas warga Desa Krasak susah mendapatkan air. Bahkan, ketika musim kemarau, warga menunggu bantuan dari tim BPBD.

Kemudian, warga berinisiatif membangun sarana air dengan gotong royong membangun brouncapt, rumah pompa, reservoar, jaringan perpipaan dan pembangunan sanitasi masyarakat kurang mampu.

Dengan adanya Pamsimas, bupati berpesan agar masyarakat secara swadaya melakukan perawatan Pamsimas, sehingga dapat digunakan secara berkelanjutan.

“Kalau sudah ada air bersih, kran air ditutup setelah digunakan. Supaya yang lain juga bisa menggunakan. Pengelolaannya harus sebaik mungkin, transparan, terbuka” pesannya.

Bupati juga menambahkan, Pemkab. Lumajang telah melakukan pengkajian terhadap sumber mata air Mrutu, yang kedepannya akan dikelola untuk memenuhi kebutuhan air masyarakat Klakah dan Kedungjajang.

Sementara itu, menurut penuturan Drs. Karna Suwandi, Desa Krasak memiliki jumlah penduduk sekitar 3.799 jiwa atau setara dengan 1.120 KK. Dari jumlah tersebut, hanya 47.5%, atau setara dengan 1805 jiwa yang terjangkau air bersih.

Sisanya, 52.5% belum terjangkau air bersih. Jumlah sasaran pada program Pamsimas III sebanyak 200 sambungan rumah atau setara 321 KK, atau sebanyak 1068 jiwa di Desa Krasak, meliputi Dusun Krajan, Dusun Manglih, dan Dusun Gugot.

Sedangkan target pembangunan Pamsimas di tahun 2020, berada pada 8 titik di wilayah utara Kab. Lumajang, yakni Desa Penawungan, Desa Wates Kulon, Desa Wono Ayu, Desa Tegal Randu, Desa Manijo, Desa Sumber Wringin, dan Desa Mlawang.

Bupati berharap, hadirnya Pamsimas diharapkan mampu memberikan solusi atas kekurangan air bagi masyarakat Desa Krasak.

“Dengan adanya air bersih, masyarakat Desa Krasak bisa hidup sehat sesuai dengan harapan pemerintah. Dan masyarakat bisa menikmati layanan air bersih,” ucapnya.(imam)

Loading...

baca juga