D-ONENEWS.COM

Bupati Thoriq: Pengembangan Wisata Ranupani Dibarengi Konservasi Lingkungan

Lumajang, (DOC) – Kawasan Ranu Pani menjadi destinasi wisata yang akan terus dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten Lumajang dengan memperhatikan konservasi lingkungan.

“Ranu Pani akan terus kita kembangkan dengan potensi yang ada disini dengan harapan pemulihan lingkungan terjadi tetapi dengan infrastruktur supaya tidak kembali tidak terjadi sedimentasi itu yang jadi kita pertimbangkan, ada rest area, ada buffer, ada sedimen trap supaya lumpur tidak langsung ke danau,” ujar Bupati Lumajang Thoriqul Haq (Cak Thoriq) saat meninjau progres pembangunan di Kawasan Ranu Pani Kecamatan Senduro, Kamis (26/1/2023) kemarin.

Menurut Cak Thoriq, Ranupani menjadi kawasan prioritas pengembangan pariwisata di Lumajang. Oleh karena itu, diharapkan dengan berkembangnya pariwisata di Ranupani dapat menjadi pengungkit sektor pariwisata di Kabupaten Lumajang.

Adapun beberapa pengembangan pariwisata di Ranupani meliputi konservasi Danau Ranu Pani, kawasan lingkungan pemukiman serta fasilitas pendukung pendakian. Pengembangannya pun ia pastikan tetap mempertimbangkan konservasi lingkungan.

Oleh karenanya, dalam kesempatan tersebut, Cak Thoriq menggalakkan tanam pohon untuk setiap kegiatan di Kawasan Ranupani.

“Pokoknya kalau ke Ranu Pani dan Ranu Regulo harus menanam dulu sebelum pulang,” imbaunya. (Imam/r7)

Loading...

baca juga