D-ONENEWS.COM

Doakan Korban, Warga Malang Raya Ramai-ramai Datangi Stadion Kanjuruhan

Malang (DOC) – Hingga hari ini, banyak warga Malang Raya mendatangi Stadion Kanjuruhan yang berada di Kepanjen Kabupaten Malang guna memanjatkan doa. Namun tak sedikit juga hanya mengabadikan kondisi terkini gate 11, 12, dan 13.

Seperti yang diketahui bersama, gate 11, 12, dan 13 di Stadion Kanjuruhan Malang adalah memakan banyak korban jiwa, sehingga para kerabat, kelurga dan teman korban di beberapa gate tersebut memasang syal, kaos, bendera dan taburan bunga.

Salah satu suporter dari Kota Malang, Maria, sengaja datang bersama dua rekannya guna berdoa di tiga gate tersebut secara berurutan.

“Yang pertama pastinya saya ingin mendoakan, terus banyak teman yang dari TikTok ingin tau (kondisi) yang sebenarnya, karena saya tinggal di Malang, saya ke sini aja,” ujar Maria, Selasa (4/10).

Maria yang mengaku suporter Arema sejak kecil hingga duduk di bangku kuliahan ini cukup kaget dan terpukul, usai mendengar banyaknya korban jiwa di Tragedi Kanjuruhan.

“Untuk kejadian ini nangis. Yang jelas harapan saya, suporter-suporter yang senior, mau mendidik suporter-suporter yang baru,” terangnya.

Maria menambahkan, jika pembelajaran dari suporter yang dituakan oleh lainnya bisa memberikan edukasi menjadi suporter yang dewasa dalam bersikap.

“Jadi edukasi mereka memang kurang, utamanya bagaimana jika kesebelasan kesayangan menang, apa yang harus dilakukan, apa yang tidak boleh dilakukan. Ketika kalah pun, apa yang boleh dilakukan apa yang tak boleh dilakukan, itu semua tidak ada,” ungkapnya.

“Saya harapkan, yang senior-senior, yang suaranya didengar oleh suporter-suporter Arema yang lainnya,” imbuhnya.

Maria melanjutkan, jika sudah saatnya semua yang ada di dunia persepakbolaan berubah, berubah menjadi dewasa, dan profesional.

“Ini pembelajaran buat semua sih, banyak lini yang kena ini, saya yakin banyak sekali, untuk pengamanan, antisipasi dan segala macam, rule-rule nya apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan ketika chaos atau apa, itu harus dijalankan secara benar,” ungkapnya.

Dengan kejadian ini, semoga bisa menjadi pengalaman yang berharga bagi olahraga, khususnya persepakbolaan Indonesia untuk lebih maju.

“Semoga kejadian yang menimpa Aremania banyak lini yang berubah untuk menjadi yang lebih baik, jadi teman-teman kita yang sudah meninggal ini tidak sia-sia, dan butuh ada perubahan yang banyak,” tandasnya. (zis)

Loading...