D-ONENEWS.COM

DPRD Surabaya Berjuang Bebaskan Pembayaran PBB bagi Veteran

Surabaya, (DOC) – Panitia Khusus (Pansus) Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) DPRD Surabaya berupaya membebaskan pembayaran PBB bagi Legiun Veteran RI (LVRI) Surabaya

Ketua Pansus PBB, Hamka Mudjiadi mengatakan, pihaknya akan berjuang untuk menggratiskan PBB bagi para LVRI Surabaya. Ini sebagai bentuk terima kasih terhadap perjuangan mereka dalam membela tanah air.

“Tetap kita perjuangkan. Apalagi, nilainya tidak terlalu tinggi. Yakni, tidak sampai Rp 500 juta per tahun. Itu kecil jika dibandingkan APBD Surabaya yang mencapai Rp 10,3 triliun itu,” kata Hamka, Senin (6/7/2020).

Politisi PAN ini menjelaskan, peraturan ini diatur dalam peraturan wali kota (perwali), tapi hal itu bersifat pengajuan dengan berbagai syarat yang wajib dipenuhi.

foto: Hamka Mudjiadi

“Memang regulasinya di atur dalam perwali itu ada keringanan, tapi sifatnya permohonan dan harus memenuhi syarat, tidak otomatis. Kita berupaya bagaimana ini diatur dalam perwali, sehingga gratis itu otomatis kepada para veteran. Nilainya enggak besar kok,”tandas Hamka.

Berdasarkan Peraturan Gubenur (Pergub) DKI Jakarta yang sudah membebaskan PBB untuk para veteran, hal itu menjadi rujukan bagi DPRD Surabaya. Selanjutnya dewan akan mendatangkan para ahli untuk mencari payung hukum dalam pembentukan raperda ini.

Sementara Ketua DPC Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Surabaya, Subagyo Rahmad merasa terharu saat hearing dengan Komisi B DPRD Surabaya.

Dia menyampaikan terima kasih kepada wakil rakyat karena sudah peduli terhadap nasib para mantan pejuang di Kota Pahlawan ini.

Subagyo dengan mata berkaca-kaca mengatakan, tidak pernah terbersit dalam pikirannya akan mendapatkan apa setelah berperang dan berjuang untuk kemerdekaan Indonesia.

“Pada waktu kita bertempur, kita tidak memikirkan dapat ini, dapat itu. Tapi sekarang diperhatikan, terima kasih,”ungkap Subagyo.

Purnawirawan berpangkat kolonel itu menceritakan, di luar sana masih banyak veteran yang hidup serba pas-pasan dan belum terjaring bantuan dari pemerintah. Dia mengaku berterimakasih kepada DPRD Surabaya yang mau memperjuangkan nasib para veteran untuk hidup lebih layak.

“Kemudian yang terakhir, saya sangat dekat dengan anggota yang mana kehidupannya saat ini serba terbatas. Jadi kalau ada yang ingin meningkatkan taraf hidup para veteran ini kami ucapkan terima kasih,” pungkas Subagyo.(adv/dhi)

Loading...

baca juga