D-ONENEWS.COM

DPRD Surabaya Sepakat Perpanjangan PPKM, Pemkot Akan Perkuat Kampung Tangguh

Surabaya, (DOC) – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) resmi diperpanjang selama 14 hari. Pemerintah memutuskan memperpanjang PPKM di wilayah Jawa-Bali mulai 26 Januari hingga 8 Februari 2021.

Menanggapi keputusan pemerintah tersebut, Ketua Komisi A DPRD Kota Surabaya, Pertiwi Ayu Khrisna merespons positif perpanjangan PPKM II. Bahkan politisi perempuan Partai Golkar Surabaya itu mengaku setuju dengan keputusan pemerintah. “Sebab, dengan melihat bertambahnya kasus terkonfirmasi positif Covid – 19 di Surabaya, maka PPKM II bisa menjadi salah satu solusi. Kami juga meminta kepada masyarakat Kota Surabaya untuk tertib dalam menjalankan peraturan PPKM, khususnya penegakan protokol kesehatan (prokes). Yang jelas, semua itu tergantung masyarakatnya mau tertib dan benar-benar menjalankannya dengan baik agar tidak terjadi seperti ini,” ungkap Ayu Pertiwi, Jumat (22/1/2021).

Dia mengatakan, setelah ada keputusan perpanjangan PPKMini, Pemkot Surabaya juga harus segera melakukan sosialisasi dan memberi solusi dengan cara melakukan penataan ulang dalam menjalankan kebijakan tersebut.
“Seharusnya pemkot lebih paham harus bagaimana untuk menindak lanjuti aturan dari pusat. Pemkot harus lebih serius,” tegas dia.

Seperti diketahui, meski PPKM sudah berjalan, namun laju penularan kasus Covid-19 tetap meningkat. Melalui website Pemkot Surabaya pada laman lawancovid-19.surabaya.go.id per 19 Januari 2021, sebanyak 19.148 di antaranya terpapar Covid-19, sedangkan 1.277 orang meninggal dunia.

Sementara sebelumnya, Plt
Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana menyatakan, jika pemkot siap memperpanjang PPKM hingga 8 Februari 2021.

“Kemarin ada rapat evaluasi soal rencana perpanjangan PPKM yang dipimpin oleh Sekdaprov Jatim. Intinya secara teknis Surabaya siap,” kata Whisnu Sakti Buana.

Namun, lanjut dia, efek dari perpanjangan PPKM, yakni masyarakat terdampak secara ekonomi yang akan dipantau.

“Jika memang diperpanjang, kami akan melakukan pendataan secara masif,”tandas dia.

Selain itu, WS, panggilan Whisnu Sakti Buana menyebutkan bahwa Pemkot Surabaya akan memperkuat Kampung Tangguh Semeru Wani Jogo Suroboyo karena kampung tangguh sangat membantu dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan perkampungan Kota Surabaya.

“Kampung Tangguh Semeru ini sebenarnya sudah sangat efektif dan sudah membantu,” pungkas dia. (dhi/fr)

Loading...