D-ONENEWS.COM

Emil Dardak Minta Wisatawan Tak Mendekat ke Kawah Gunung Bromo

foto ; Erupsi gunung Bromo level II waspada

Probolinggo,(DOC) – Meski status gunung Bromo Probolinggo hingga saat ini masih dalam level II waspada, namun erupsi gunung Bromo tersebut, justru tak menyurutkan datangnya wisatawan Gunung Bromo.

Para wisatawan masih ramai berdatangan dan memanfaatkan momen erupsi gunung Bromo untuk hunting foto serta swa-foto.

Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak yang sempat meninjau lokasi, mengakui ramainya kunjungan wisatawan tersebut.

Kendati demikian, pihaknya memberikan imbauan bagi wisatawan agar tidak terlalu mendekat  dengan jarak minimal radius satu kilometer dari kawah.

“Tim Pemprov Jatim atau BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) terus berkoordinasi dengan daerah terdampak, yakni BPBD Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Probolinggo untuk mendapatkan terus update kondisi erupsi Bromo,” ungkap Emil.

Secara umum, lanjut Emil, Pemprov Jatim justru mewaspadai cuaca di Jawa Timur yang masih berpotensi menurunkan hujan dengan intensitas lebat, sementara kapasitas tampung sungai di Jawa Timur tidak bertambah.

“Cuaca ekstrem ini yang di khawatirkan berpotensi terjadinya bencana alam lainnya. Pemprov Jatim kini memastikan ketersediaan tenaga kesehatan dan logistik untuk bantuan bagi warga terdampak banjir akibat intensitas hujan yang tinggi,” paparnya.(div/r7)

 

Loading...