D-ONENEWS.COM

Fakta-fakta Menarik Seputar Sirkuit Mandalika

Lombok (DOC) – Gelaran WorldSBK Indonesia 2021 di Pertamina Mandalika International Street Circuit tinggal menghitung hari. Sebelum ajang besar itu digelar, Presiden Joko Wododo telah meresmikan Sirkuit Mandalika, Jumat (12/11) kemarin.

Peresmian sirkuit berstandar internasional tersebut Sirkuit Mandalika siap untuk menggelar berbagai event besar seperti World Superbike hingga MotoGP.

Untuk diketahui, Sirkuit Mandalika menjadi salah satu lintasan balap terindah didunia. Bagaimana tidak, sirkuit ini langsung berbatasan dengan pantai pasir putih yang ada di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika (KEK Mandalika) di Desa Kuta, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Beberapa fasilitas dan penunjang di Sirkuit Mandalika juga sudah siap. Bahkan, sejumlah pembalap hingga test speed dan safety car Sirkuit Mandalika sudah tiba di sana. Sebelum menyaksikan event besar di sirkuit tersebut, berikut fakta-fakta menarik tentang Sirkuit Mandalika yang wajib diketahui, seperti dilansir dari Liputan6, Minggu (14/11):

1. Nama Resmi

Sirkuit Mandalika memiliki nama resmi Pertamina Mandalika International Street Circuit. Penamaan sirkuit ini dilakukan melalui Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) Sponsorship dan Peluncuran Nama Resmi Sirkui Balap Internasional Mandalika di Jakarta, Kamis (07/10).

2. Lintasan

Mengutip dari situs resmi WSBK, Pertamina Mandalika International Street Circuit dirancang sepanjang 4,3 kilometer atau 4.300 meter. Jumlah tikungan di Sirkuit Mandalika sendiri mencapai 17, dengan 11 mengarah ke kanan dan 6 lainnya mengarah ke kiri.

3. Kapasitas

Sirkuit Mandalika dapat menampung 150 ribu hingga 200 ribuorang. Dalam masa pandemi Covid-19, pihak pengelola hanya menyediakan hingga 75 ribu kursi di grandstand dan 138 ribu area berdiri. Namun, karena dibangun di atas lahan hampir seratus hektar sirkuit Mandalika memiliki banyak tempat terbuka. Sehingga, ini dapat menjadi kesempatan untuk mendatangkan lebih banyak penonton di masa depan.

4. Dapat Tiga Rekor Muri

Sirkuit Mandalika mendapatkan tiga rekor dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI), yakni pengaspalan menggunakan teknologi building information modelling (BIM) dengan volume terbanyak. Kemudian, pembangunan sirkuit pertama standar Federation Internationale de Motorcyclisme (FIM), dan yang ketiga yaitu lintasan sirkuit tercepat.

5. Ajang Balap Internasional

Di Sirkuit Pertamina Mandalika Internasional berlangsung ajang balap IATC tanggal 12-14 November dan dilanjutkan dengan balapan WSBK tanggal 19-21 November.

Selain itu, Sirkuit Mandalika juga masuk dalam kalender sementara MotoGP 2022. Dikutip dari situs resmi MotoGP, Sirkuit Mandalika itu bakal jadi venue balapan GP Indonesia. Rencananya balapan akan digelar pada 20 Maret 2022, atau beberapa pekan setelah seri pembuka di Qatar pada 6 Maret.

Selain masuk dalam kalender sementara, Sirkuit Mandalika juga akan menjadi lokasi tes pramusim MotoGP. Berdasarkan jadwal yang dikeluarkan oleh pihak MotoGP, Sirkuit Mandalika akan menjadi lokasi tes pramusim pada 11-13 Februari 2022. (lp6)

Loading...