D-ONENEWS.COM

Festival Makanan Khas Jatim Diharap Lahirkan Kreasi Baru


Surabaya (DOC) – Festival Makanan Khas Jawa Timur ke-17 tahun 2017 di Surabaya baru saja dibuka. Kegiatan yang sudah digelar sejak tahun 2000, ini dijadikan even kepariwisataan tahunan.
Even yang dibuka Selasa (19/9/2017) malam, ini juga sebagai ajang menggali potensi beragam makanan tradisional yang merupakan identitas budaya bangsa dan kearifan lokal yang dimiliki oleh daerah.
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur Jarianto, mengatakan dengan adanya kegiatan ini akan bermunculan kreasi menu makanan terbaru sebagai warisan budaya.
“Ini dapat dijadikan promosi kepariwisataan daerah, sehingga akan berdampak pada tingkat kunjungan dan kepuasan masyarakat maupun para wisatawan,” kata Jarianto, Rabu (20/9/2017).
Tema festival makanan khas Jawa Timur 2017 kali ini adalah “Melalui makanan khas kita tingkatkan peran wisata kuliner mengembangkan pariwisata di Jawa Timur”. Kegiatan ini tujuannya meningkatkan kreatitivitas pelaku usaha pariwisata bidang makanan dan minuman (Mamin) khususnya penyedia makanan khas daerah yang menarik, sehingga dapat dijadikan daya tarik wisata kuliner masyarakat, wisatawan nusantara maupun manca negara.
Peserta festival makanan khas Jawa Timur 2017 sebanya 31 peserta yang terdiri dari pengusaha hotel, restoran, rumah makan, jasa boga yang mewakili 28 kabupaten/kota Jawa Timur. Kemudian dalan acara ini ditetapkan lima pemenang dan 7 kategori sebagai the best oleh dewan juri yang terdiri dari unsur asosiasi chef Jawa Timur, akademisi dan pratisi kuliner.(bah)

Loading...