D-ONENEWS.COM

Gali Potensi Wisata Alas Burno “Siti Sundari” Untuk Dongkrak Ekonomi Lumajang

Lumajang,(DOC) – Potensi wisata Alas Burno “Siti Sundari” akan terus digali oleh Pemkab Lumajang untuk mendongkrak perekonomian masyarakat.
“Kami akan melakukan langkah – langkah untuk mendongkrak peningkatan perekonomian yang ada di Wilayah Kab. Lumajang, dengan melibatkan berbagai pihak untuk bersinergi mengenalkan potensi yang kami miliki. Sehingga ada nilai tambah,” ujar Bupati Thoriqul Haq di hadapan para awak media, di Dusun Karang Anyar, Desa Burno Kecamatan Senduro, Kamis(11/4/2019).
Ia mengungkapkan, potensi yang dimiliki Desa Burno tergolong unggul, misalnya, potensi perekonomian dari Kopi, Pisang maupun Peternakan sapi yang tumbuh produktif di kawasan tersebut.
Bupati mengatakan, bahwa Desa Burno merupakan Desa yang mandiri. Beberapa program yang sudah dilakukan Perhutanan Sosial maupun perbankan, sudah membantu masyarakat setempat dalam meningkatkan kesejahteraan. Hal itu, dibuktikan bertambahnya jumlah sapi perah. Selain itu, susu yang dihasilkan sapi perah juga meningkat dari tahun ke tahun.
Menurutnya, momentum tersebut menggugah Pemerintah Daerah untuk mencari nilai tambah tersendiri untuk mendongkrak peningkatan pertumbuhan perekonomian yang ada di Kab. Lumajang.
“Unggul sudah ya. Tinggal kami, mengintervensi program untuk memiliki nilai tambah, bagaimana susunya diolah menjadi yogurt. Kami tinggal memikirkan bagaimana ada “home Industri” yang seiring dengan industri besar, baik berupa bahan baku mentah atau matang,” katanya.
Bupati berharap, potensi yang dimiliki Kab. Lumajang, seperti Kopi lereng Semeru, Pisang Kirana maupun Batik Lumajangan, juga menjadi wahana nilai tambah, untuk mendongkrak perekonomian Kab. Lumajang.(imam/r7)

 

Loading...