D-ONENEWS.COM

Gerhana Matahari Jadi Wisata Edukasi Anak-anak Saat Libur Akhir Tahun

Foto: Anak-anak antri teleskop untuk melihat Gerhana Matahari dihalaman Masjid Al Akbar

Surabaya,(DOC) – Gerhana Matahari yang juga nampak terlihat disekitaran Surabaya, menjadi tontonan sebagian masyarakat terutama anak-anak yang tengah libur sekolah.

Mereka menyaksikan fenomena alam tersebut dengan menggunakan 9 teleskop dan kacamata khusus yang tersedia di halaman Masjid Agung Al Akbar Surabaya, Kamis(26/12/2019).

Gerhana Matahari ini menjadi sarana edukasi secara langsung soal siklus alam yang terjadi beberapa tahun sekali.

Sembilan Teleskop tersebut adalah milik Masjid Agung Al Akbar Surabaya yang disediakan oleh panitia dari lembaga Falaqiyah PWNU Jawa Timur.

 

“Fenomena alam yang langka ini menjadi wisata edukasi disaat liburan sekolah. Dengan memakai teleskop dan kacamata khusus, anak-anak bisa belajar secara langsung untuk mengamati Gerhana Matahari,” ungkap Samsul Ma’arif Wakil Ketua Lembaga Falaqiyah PWNU Jatim.

 

Proses pengamatan Gerhana Matahari di halaman Masjid Agung Al Akbar Surabaya, hanya sebagian saja. Dalam proses ini, awal Gerhana Matahari terlihat pada pukul 11.03 Wib sampai puncaknya pukul 12.55 Wib.

 

“Gerhana berakhir pada pukul 14.34 Wib dengan lebar cahaya 33,8 persen dan durasinya 3 jam, 30 menit 29 detik,” pungkasnya.(hadi)

Loading...