D-ONENEWS.COM

Gunung Merbabu Terbakar, Lima Jalur Pendakian Ditutup

Boyolali (DOC) – Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGMb) Boyolali, Jawa Tengah menutup sementara jalur pendakian Gunung Merbabu terhitung mulai Kamis (12/9/2019). Penutupan itu sesuai Surat Edaran No 417/T.35/TU/EVLAP/2019 tentang Penutupan Sementara Jalur Pendakian Gunung Merbabu.

Kepala BTNGMb, Junita Parjanti membenarkan penutupan sementara jalur pendakian Gunung Merbabu. Penutupan ini memperhatikan keadaan saat ini dimana terjadi kebakaran hutan di kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu.

Kebakaran hutan terjadi di wilayah jalur pendakian Suwanting, Magelang. Titik api muncul pada Kamis (12/9/2019) sekitar pukul 02.00 WIB.

Junita mengaku belum mengetahui berapa luas lahan di kawasan tersebut yang terbakar. Pihaknya telah menerjunkan petugas ke lokasi hutan yang terbakar tersebut.

“Memperhatikan aspek keselamatan pendaki, maka seluruh jalur pendakian Taman Nasional Gunung Merbabu ditutup sementara terhitung tanggal 12 September 2019 sampai dengan waktu yang belum ditentukan (sampai kondisi memungkinkan),” kata Junita.

Junita menambahkan, ada lima jalur pendakian Gunung Merbabu yang ditutup sementara. Kelima jalur pendakian itu antara lain Selo, Suwanting, Wekas, Cunthel dan Thekelan.

“Sambil menunggu perkembangan sesegera mungkin akan kita informasikan kembali,” imbuhnya.

Lebih jauh pihaknya mengimbau masyarakat di sekitar Gunung Merbabu tidak melakukan aktivitas perapian yang dapat mengakibatkan kebakaran.

“Dengan adanya kebakaran di Gunung Merbabu masyarakat diimbau berhati-hati. Ketika berinteraksi dengan kawasan (Merbabu) untuk ikut menjaga agar tidak terjadi kebakaran,” kata Junita.(kcm/ziz)

Loading...

baca juga