D-ONENEWS.COM

Hujan Lebat, Banjir dan Tanah Longsor Terjang Jember

Jember, (DOC) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember menyatakan, terdapat beberapa titik di wilayahnya yang mengalami bencana tanah longsor dan banjir akibat hujan deras pada Rabu (10/11/2021).

“Banjir terjadi di Desa Manggisan, Kecamatan Tanggul, Desa Pondok Joyo, Kecamatan Semboro. Sedangkan tanah longsor di Kramat Sukoharjo, Tanggul, Desa Gelang, Kecamatan Sumberanyar,” Ujar Kepala BPBD Jember Sigit Akbari.

Sigit mengatakan, banjir yang berada di Desa Manggisan, Kecamatan Tanggul mengakibatkan RA dan SMPN 1 terendam banjir dengan ketinggian kurang lebih 40 cm.

Selain itu, banjir juga terjadi di Dusun Songgon RW 13,14, dan 15 Desa Pondok Joyo, kecamatan Semboro, akibatnya 100 rumah warga dan 1 Mushola terendam banjir dengan ketinggian 40 cm. “Akibat banjir yang terjadi sekitar 100 Warga .engungsi ke Balai desa Pondok Joyo,” ujar Sigit

Tidak hanya di Pondok Jaya, banjir juga terjadi RT 01 RW 14, di Desa Pondok Dalem, Kecamatan Semboro akibatnya kurang lebih 15 rumah warga terendam banjir dengan ketinggian 30 cm. “Saat ini BPBD bersama relawan dan instansi terkait melakukan assesment di lokasi banjir,” terangnya.

Lanjut Sigit, selain baniir, juga terjadi tanah longsor Kramat Sukoharjo, Desa Tanggul akibatnya 1 rumah warga terkenak longsoran. “Longsor juga terjadi Dusun Gambir, Desa Galang, Kecamatan Sumberbaru, akibatnya longsor tanah menutup akses jalan ke arah wisata Gunung gambir,” pungkasnya (Imam)

Loading...

baca juga