D-ONENEWS.COM

Tabur Bunga di Makam Pahlawan, Ketum PP Pemuda Panca Marga Ajak Kaum Milenial Tak Lupakan Sejarah

Surabaya, (DOC) – Memperingati Hari Pahlawan 10 November, Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Panca Marga Berto Izaak Doko bersama sejumlah keluarga besar pahlawan melaksanakan upacara dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Sepuluh November (TMP) Jalan Mayjend Sungkono, Rabu (10/11/2021) pagi.

Usai upacara, Berto Izaak Doko selaku inspektur upacara beranjak dari podium inspektur menuju tugu TMP Mayjend Sungkono dan secara simbolis memberikan karangan bunga. Dia bersama rombongan keluarga besar pahlawan melanjutkan menuju makam para pendahulunya melaksanakan tabur bunga.

Sebelumnya, rangkaian acara memperingati Hari Pahlawan dilaksanakan pada Selasa (9/11/2021) malam. Para Veteran melaksanakan Kirap Suci dari TMP Kusuma Bangsa menuju lokasi TMP Mayjend Sungkono.

Menurut Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Panca Marga Berto Izaak Doko, momentum Hari Pahlawan adalah waktu untuk merenungkan kembali semangat perjuangan para pahlawan. Terutama kepada generasi-generasi kaum milineal bahwa jangan pernah melupakan sejarah. “Itu penting bagi kita dan untuk pegangan kita ke depan. Jadi motto “Pahlawanku adalah Inspirasiku” harus tertanam di lubuk hati kaum milenial,” kata Berto Izaak Doko.

Cucu Pahlawan Nasional Asal NTT Izaak Huru Doko ini menjelaskan,, kegiatan memperingati Hari Pahlawan ini rutin dilaksanakan dan dihadiri seluruh cabang veteran di Jawa Timur, serta keluarga keturunan cucu dan anak para veteran.

Dia berharap apa yang sudah dilakukan oleh para pendahulu harus dilanjutkan karena perjuangan belum tuntas. “Marilah kita perkokoh persatuan dan kesatuan untuk membangun bangsa yang kita cintai. Salah satu bentuk perjuangan adalah membantu pemerintah mengatasi pandemi Covid 19,” tandas dia.

Ditanya respons pemerintah terhadap nasib para veteran? Berto Izaak Doko menyatakan, bahwa sinergi pemerintah dengan veteran berjalan cukup baik.

“Ke depan, kami berharap lebih dikonkritkan lagi atensi dan perhatiannya. Karena tanpa mereka (veteran, red) kita tidak akan ada hari ini. Maka, selayaknya apa yang belum kita berikan dan fasilitasi dengan baik, ini menjadi tugas kita bersama pemerintah,” pungkas dia. (dhi)

Loading...

baca juga