D-ONENEWS.COM

IDI Sebut 180 Dokter Meninggal Terpapar Covid-19

Foto: Pixabay

Jakarta (DOC) – Kabar duka kembali datang dari tenaga medis yang menjadi garda terdepan penanganan Covid-19. Empat dokter meninggal akibat terpapar Covid-19 pada Sabtu, 28 November 2020.

Humas Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Halik Malik, mengatakan empat orang dokter itu adalah HR Henny Soetanto yang juga merupakan Ketua IDI Kabupaten Bandung Barat, Yudhi Aschary Pratama yang sebelumnya merupakan dokter aktif di IDI sebagai relawan medis, YoyokSetiyono dari IDI Jepara dan Ary Gunawan dari IDI Banjarnegara.

“Semoga rekan sejawat yang wafat diberikan tempat yang mulia disisi-Nya. Amin,” ujar Halik, dilansir Tempo.co, Minggu (29/11).

Halik menyampaikan, secara keseluruhan total ada 180 dokter yang telah meninggal dunia akibat terpapar Covid-19. Data ini merupakan update per 28 November pukul 00.00.

Angka kematian yang terus bertambah ini membuat IDI khawatir sekaligus mawas diri. Pemerintah diminta lebih serius merespons kematian demi kematian dokter. Misalnya, dengan memikirkan jaminan penuh penyediaan dan kecukupan Alat Pelindung Diri (APD), pengurangan jam kerja, hingga pemberian insentif khusus baik untuk tenaga kesehatan yang sedang bertugas maupun keluarga tenaga kesehatan yang wafat.

Selain itu, masyarakat juga diharapkan mematuhi protokol kesehatan Covid-19 untuk membantu mengurangi beban dokter dan tenaga kesehatan. (tc)

Loading...

baca juga