JELANG PENETAPAN DCS, KPU JATIM GELAR RAKOR

Tidak ada komentar 62 views

Rakor Penyusunan dan Penetapan DCS Anggota DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/ Kota dalam Pemilu 2019 (8/8/2018)

Kediri, kpujatim.go.id- Menjelang penetapan Daftar Calon Sementara (DCS), Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur (KPU Jatim) menggelar rapat koordinasi (rakor) hari ini sampai dengan besok (Rabu-Kamis, 8-9/8). Rakor Penyusunan dan Penetapan DCS Anggota DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/ Kota dalam Pemilu 2019 dilaksanakan di kantor KPU Kabupaten Kediri, jalan Pamenang, Kediri.

Ketua Kegiatan, Kepala Bagian (Kabag) Hukum; Teknis dan Hupmas KPU Jatim, Slamet Setijoadji menyampaikan dalam laporannya jika rakor diadakan untuk mensinkronisasikan pemahaman antara KPU Provinsi dan Kabupaten/ Kota terkait pendaftaran Calon Legislatif. “Rakor ini bertujuan untuk sinkronisasi pemahaman terhadap pelaksnaan pendaftaran Calon Legislatif maupun penyusunan DCS dan DCT (Daftar Calon Tetap-red) di tingkat Provinsi. Kabupaten/ Kota,”papar Slamet (8/9).

Sementara itu, Ketua KPU Jatim, Eko Sasmito mngungkapkan rakor sangat perlu diadakan pada saat ini karena ada perkembangan-perkembangan di lapang. “Adanya perkembangan-perkembangan yang terjadi di beberapa daerah dan Jawa Timur khususnya, dalam tahapan penyusunan dan penetapan DCS sebelum diumumkan pada tanggal 12 sampai 14 Agustus nanti,” kata Eko dalam sambutannya.

Selain itu menurut Eko, ada persoalan eksternal, dimana hubungannya dengan partai politik, yang perlu dibahas. “Karena kaitannya dengan eksternal, sehingga prinsip kehati-hatian sebagaimana norma yang ada, maka sangat penting,” ujar Ketua KPU Jatim.

“Intinya Kita dua hari ini menyamakan persepsi dari banyak hal, sehingga ada perlakuan yang sama di seluruh Kabupaten/ Kota,” tegasnya.

Rakor dihadiri 38 orang Divisi Teknis dan 38 orang Operator Silon KPU Kabupaten/ Kota se-Jawa Timur.

(AACS)

KPU Jatim