D-ONENEWS.COM

Jokowi Perintahkan Kapolri Usut Tuntas Penembak 2 Mahasiswa Kendari

Jakarta (DOC) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, pelaku penembakan terhadap Randi (21), mahasiswa Universitas Halu Oleo, Kendari, saat aksi unjuk rasa di depan DPRD Sultra, belum diketahui. Oleh karena itu, Jokowi meminta masyarakat tidak berspekulasi lebih jauh.

“Yang menembak itu juga belum (diketahui), jadi jangan ditebak-tebak lebih dulu sebelum investigasi selesai,” kata Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (27/9/2019).

Jokowi mengaku sudah mendapat laporan dari Kapolri Jenderal pol Tito Karnavian atas peristiwa ini. Berdasarkan laporan itu, Randi dan seorang rekannya bernama Yusuf memang mengikuti aksi unjuk rasa di depan DPRD Sultra.

“Ananda Randi meninggal dunia karena luka tembak saat berlangsungnya demo dan ananda Yusuf meninggal setelah mendapatkan perawatan di rumah sakit,” kata Jokowi.

Jokowi menegaskan, sejak awal ia memerintahkan Kapolri agar aparat tidak represif dalam menangani aksi unjuk rasa. Sebab, berdemonstrasi dan menyampaikan pendapat dijamin konstitusi. Jokowi pun meminta Kapolri untuk menginvestigasi kejadian ini.
“Saya perintahkan juga agar menginvestigasi seluruh jajarannya karena yang disampaikan Kapolri kepada saya, tidak ada perintah apapun dalam rangka demo ini membawa senjata. Jadi ini akan ada investigasi lebih lanjut,” kata dia.

Atas kekerasan polisi terhadap demonstran yang terjadi di penjuru daerah, Presiden pun sudah meminta Kapolri melakukan investigasi internal.

“Jadi akan ada investigasi lebih lanjut,” ujar Jokowi.

Ketika ditanya apakah artinya Kapolri mengabaikan instruksinya, Presiden mengakui, pengelolaan personel memang hal yang sulit. Apalagi dalam jumlah besar.

“Ini kan menyangkut ribuan personel, ribuan personel yang ada di seluruh Tanah Air,” ujar Jokowi.

Sebelumnya, aksi demo mahasiswa menolak sejumlah rancangan undang-undang di Gedung DPRD Provinsi Sultra, Kamis (26/9/2019) menelan korban. Satu mahasiswa Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Halu Oleo Kendari bernama Randi (21) dinyatakan meninggal karena mengalami luka tembak di dada sebelah kanannya. Mahasiswa semester 7 itu dilarikan ke Rumah Sakit Korem pada pukul 15.30 Wita, dan dinyatakan meninggal pada pukul 15.45 Wita. Menyusul Randi, rekannya bernama Yusuf Kardawi (19) juga meninggal dunia akibat luka berat yang dialami saat demonstrasi berujung kerusuhan itu.(kcm/ziz)

Loading...

baca juga