D-ONENEWS.COM

Kandungan Limbah Sungai Wonorejo Kronis, Sering Muncul Busa Mirip Salju

Surabaya,(DOC) – Pencemaran air sungai Wonerejo akibat limbah rumah tangga berupa deterjen sudah mengkhawatirkan. Seringkali terjadi busa tebal menutup permukaan sungai, terutama saat rumah pompa di Sungai Wonorejo dioperasionalkan.
Seperti yang terjadi pada Sabtu(13/8/2016) lalu, ketika rumah pompa  Wonorejo II beroperasi.  Air sungai Wonorejo yang semula berwarna coklat, tak lama kemudian sudah tertutupi busa berwarna putih yang tebal, mirip tumpukan salju.
Saat pompa dimatikan, busa deterjen itu ikut mengalir bersama air sungai yang mengalir kembali dari arah muara, ketika air laut sedang pasang. Busa itu langsung berterbangan ketika di terpa oleh angin.
Wawan Some selaku pegiat lingkungan hidup di Pantai Timur Surabaya(Pamurbaya) mengatakan ini terjadi karena deterjen yang  mengendap di dasar sungai Wonorejo ikut teraduk ketika pompa air dinyalakan. Akibatnya, endapan deterjen itu menimbulkan busa yang tebal.
“Perilaku masyarakat yang membuang air limbah rumah tangga ke sungai hingga sekarang masih terus berlangsung. Bayangkan, warga di Rungkut ini sekitar 300 ribuan, dan mereka membuang limbah rumah tangga ke sungai,  maka akibatnya seperti ini,” tegasnya.
Selain itu, keberadaan usaha pencucian pakaian yang menjamur juga menjadi penyumbang terbesar pencemaran air di sana. Apalagi, deterjen yang dipakai belum ada yang ramah lingkungnan. Bahkan ada kecenderungan masyarakat memakain deterjen yang banyak busa.
“Jika dibiarkan akan banyak ikan yang mati akibat kekurangan oksigen.  Selain itu  muncul gulma dan enceng gondok. Bahkan ikan juga akan mengalami perubahan kelamin,” jelasnya.
Untuk menekan pencemaran kali, masih lanjut  Wawan, maka masyarakat harus diet deterjen. Artinya, penggunaan deterjan sesuai dengan kebutuhan.  Jika perlu memakai deterjen ramah lingkungan yang sekarang sudah beredar di pasaran.
Sungai Wonorejo sendiri adalah sungai di kawasan Pantai Timur Surabaya. Sungai itu melewati kawasan permukiman dan industri. Di sekitar muara, air sungai melintasi kawasan hutan mangrove dan area tambak. Di dekat Rumah Pompa Wonorejo II juga terdapat obyek wisata Mangrove Wonorejo yang menjadi kawasan konservasi.
Sedangkan Kepala Badan Lingkungan Hidup Kota Surabaya Musdiq Ali Suhudi menegaskan, munculnya busa itu akibat limbah domestik atau limbah dari rumah tangga. Kandungan deterjen di sungai mengendap di dasar sungai. Ketika air sungai teraduk, kandungan detergen bereaksi membentuk gumpalan busa.
Ia menambahkan limbah domestik sebagian besar mengandung deterjen dari pencucian perabot dapur, kendaraan, atau air sabun dari kamar mandi.  “Masyarakat tidak boleh membuang limbah rumah tangga ke sungai. Untuk itu perlu dibuat IPAL (instalasi pengolahan air limbah) terpusat. Jadi air limbah itu ditampung di IPAL terpusat   untuk diolah setelah dibuang ke sungai,” katanya.(di/r7)

Loading...