D-ONENEWS.COM

Kapal Wisata Tenggelam di Flores NTT, 5 Turis Asal Jepang Berhasil Diselamatkan

Kupang (DOC) – Sebuah kapal wisata bernama Rambo Star tenggelam di sebelah selatan Pulau Padar, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT), tadi malam. Tim gabungan Basarnas yang terdiri dari Lanal Maumere, Ditpolair, Polda NTT, Polres Manggarai Barat, Pos AL Manggarai Barat, KP3 Laut Manggarai Barat dan Syahbandar Manggarai Barat langsung melakukan pencarian.

Koordinator Pos Pencarian dan Pertolongan Labuan Bajo, Manggarai Barat, Edi Suryono mengaku berhasil menyelamatkan 5 turis mancanagera dari Jepang. Kelima wisatawan itu bernama Kana, Koji Kato, Vacerie, Yoiin dan satu lagi bernama Andrew.

“Kami baru terima laporan pada Senin (8/7) malam pukul 20.00 Wita, bahwa ada sebuah kapal wisata Kapal Motor Rambo Star yang tenggelam. Kami langsung terjun ke lokasi untuk proses penyelamatan,” katanya, Selasa (9/7/2019).

Ia menjelaskan, kapal tersebut tenggelam karena dihantam oleh gelombang tinggi saat sedang berlayar membawa wisatawan menuju ke pulau Komodo. Lokasi kejadian, kata dia berada pada titik koordinat 08°40’35.28″ S – 119°33’22.2″ E.

Ia mengatakan, selain menyelamatkan lima wisatawan asing, pihaknya juga berhasil menyelamatkan tiga anak buah kapal (ABK) yang membawa wisatawan itu.

“Tak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun ada beberapa wisatawan yang luka karena terkena batu karang saat berusaha menyelamatkan diri ketika kapal tenggelam,” tambah dia.

Pihaknya juga mengimbau kepada pemilik kapal wisata untuk tidak nekat membawa wisatawan jika cuaca di laut sedang tidak bersahabat.(ara/ziz)

Loading...

baca juga