D-ONENEWS.COM

Kebakaran Hutan Lereng Gunung Semeru Berada di Tiga Lokasi

Lumajang,(DOC) – Kawasan Gunung Semeru, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang terbakar sejak Selasa(17/9/2019) sore.

Kebakaran hutan pertama kali diketahui sekitar pukul 15.00 WIB, kemudian api berhasil dipadamkan oleh petugas pemadam dengan dibantu dengan adanya sekat alami yaitu berupa tebing cadas.

Namun, ada beberapa titik di lereng tebing yang terjal masih ada kepulan asap dari bara kemungkinan kayu bekas terbakar.

Dimana Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) melanda tiga titik di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).

“Diperkirakan luas lokasi kebakaran 6 Hektar, dan tumbuhan yang terbakar didominasi tumbuhan bawah dan cemara Gunung,” Kepala Bidang Pencegahan Kesiapsiagaan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang, Wawan Hadi.

Lokasi kebakaran hutan berada Kawasan seluas 6 hektare mulai dari Sumbermani, Arcapada, dan Kelik.

Relawan dan anggota TRC BPBD kemudian langsung bersinergi dengan petugas TNBTS di Ranupani untuk melakukan penanganan karhutla ini.

“Karena medannya yang sulit dijangkau, penanggulangan kebakaran itu dilakukan secara manual yakni digepyok dan dibuat sekat supaya kebakaran tidak meluas,” kata Wawan.

Untuk saat ini api sudah berangsur mulai padam. “Pihak TRC BPBD bersama tim relawan disiagakan untuk memantau lokasi kebakaran dititik tertentu takut ada kebakaran susulan,” ungkapnya.

Wawan menuturkan, Untuk mengetahui penyebab kebakaran ini masih diselidiki pihak TNBTS.

“Dugaan awal karena cuaca panas dan kemungkinan adanya gesekan ranting disertai dengan angin kencang,” katanya.

Dia menambahkan, akibat kejadian kebakaran ini tidak mempengaruhi aktivitas pendakian di Gunung Semeru.”Untuk pendakian masih aman,” imbuh Wawan Hadi.(imam)

Loading...