D-ONENEWS.COM

Kehadiran Khofifah di Haul Sunan Ampel Disambut Antusias Warga

foto : Khofifah bersalaman dengan masyarakat yang hadir diacara Haul Sunan Ampel

Surabaya,(DOC) – Calon Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa juga hadir di acara haul Sunan Ampel ke-569, Jumat(4/5/2018) malam.

Kehadiran Khofifah nampaknya menjadi pusat perhatian masyarakat yang turut dalam acara tersebut.

Khofifah yang datang mengenakan baju setelan dress berwarna putih ini disambut ribuan warga yang sudah menunggu kedatangannya di Komplek Masjid Makam Sunan Ampel, Surabaya, Jawa Timur.

Memasuki wilayah komplek makam, masyarakat sudah berjejer ingin bersalaman dengan Khofifah. Warga yang duduk seketika menghampiri Khofifah untuk memeluk, bersalaman dan berswafoto mengabadikan momen.

Khofifah pun memenuhi permintaan warga. Tak pandang kepada siapa, Khofifah menyalami satu per satu warga yang hadir dan menyambut permintaan warga.

Saat doa dimulai, Ketua Umum Muslimat NU itu pun disediakan tempat utama dalam haul Sunan yang memiliki nama Raden Rachmat ini. Khofifah disediakan temoat terdepan dekat dengan pusara Sunan Ampel bersama tokoh lainnya.

Tampak berjejer di samping Khofifah, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. Khofifah, Risma tampak akrab dan khidmat melantunkan tahlil dan doa dalam haul itu.

Kehadiran Khofifah seakan menjadi pembeda di kalangan perempuan. Di luar haul, ziarah ke Sunan Ampel adalah rutinitas yang biasa dilakukan Menteri Sosial 2014-2018 itu.

Jauh sebelum aktif di dunia politik, Khofifah menceritakan, membiasakan diri berziarah bersama rekan sekolahnya. Ziarah ke makam Sunan Ampel disebut sudah menjadi tradisinya sejak muda.

“Saya dari SMP itu biasanya kalau sore sepulang sekolah ke Sunan Ampel. Jadi ada tradisi ziarah ke Sunan Ampel sejak SMP,” tutur Khofifah.

Bahkan Khofifah mendapat ijazah khusus dari Presiden keempat RI, Abdurrahman Wahid (Gus Dur) yang rutin dibaca. Ziarah ke Sunan Ampel juga disebut menjadi rutinitas untuk membangun kesehatan rohani.

“Ada juga salah satu ijazahnya Gus Dur antara lain wirid tertentu yang dibaca tawasul Sunan Ampel sebelum tidur. Sebetulnya ada proses yang terbangun secara rohaniah saya pribadi antara kiai,” ungkapnya.

Ia juga mengaku ziaroh ke makam sunan Ampel ini, merupakan tradisi kelompok dan keluarga-nya sejak dulu.

“Beberapa tradisi yang dilakukan oleh komunitas saya dan keluarga saya, ziaroh ke sunan Ampel kebutuhan spiritual agar bersambung dengan para Wali Songo yang salah satunya adalah Sunan Ampel,” pungkas Khofifah.(rob/r7)

Loading...