D-ONENEWS.COM

Khofifah Akan Bangun Indonesia Islamic Science Park di Bangkalan Madura

foto : Islamic Science Park di London Inggris(ilustrasi)

Surabaya,(DOC) – Gubernur Khofifah Indar Parawansa menggagas pusat ekonomi syariah di Jawa Timur. Dalam waktu dekat ini, Pemprov Jatim akan membangun Indonesia Islamic Science Park sebagai pusat edukasi sekaligus wisata muslim berbasis international.

“Sebagai negara mayoritas muslim di dunia, saya akan mendirikan pusat ekonomi syariah. Gagasan ini terinspirasi Islamic Finance Tower di London, Inggris,” ungkap gubernur Khofifah.

Pusat ekonomi syariah ini, lanjut Khofifah, akan dibangun dibawah kaki jembatan Suramadu sisi Bangkalan Madura, Jawa Timur.

“Bangunan tersebut bukan hanya menjadi pusat ekonomi syariah saja, tapi juga sebagai pusat edukasi, pariwisata, seni dan hiburan,” terangnya.

Dirinya akan menyiapkan anggaran Rp 40 milliar, dengan memakai lahan sekitar 40 hektaran didaerah Bangkalan Madura.

“Konsep Islamic Science Park secepatnya akan dipublikasikan karena konsepnya sudah didaftarkan ke Dirjen Kekayaan Intelektual untuk mendapatkan HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual,red),” paparnya.

Sementara itu, Bupati Bangkalan R. Abdul Latif Amin Imron menyatakan dukungannya terhadap program Pemprov Jatim atas rencana pembangun Indonesia Islamic Science Park.

Bahkan dirinya meyakini kehadiran kawasan tersebut akan dapat menaikan perekonomian masyarakat Madura.

Ia menjelaskan, saat ini Pemkab Bangkalan tengah melakukan sosialisasi dengan para tokoh Madura, soal manfaat pembangunan tersebut.

“Lahan 40 hektare itu akan digunakan untuk edukasi 20 persen, seni 30 persen, dan entertainment 50 persen,” jelasnya.

Abdul Latief berharap, gedung Islamic Science Park di Bangkalan Madura nanti, bisa mendatangkan Pasar Syariah di tingkat International.

“Bangunannya nanti dibuat terintegrasi dengan Kawasan Ekonomi Syariah yang menghadirkan halal food, halal snack serta kawasan religi,” paparnya.

Dukungan program tersebut juga disampaikan oleh Bupati Pamekasan, Badrut Tamam.

“Tapi untuk pemerataan perekonomian masyarakat Madura, alangkah baiknya kawasan itu dibangun ditengah pulau Madura yakni antara Pamekasan  dan Sumenep,” ungkap mantan anggota DPRD Jatim ini.

Ia menawarkan lahan strategis di perbatasan Pamekasan dan Sumenep yang bisa digunakan untuk kawasan Ekonomi Syariah.

“Ada lahan bagus di perbatasan Pamekasan dengan Sumenep, luasnya 300 hektaran. Itu bisa digunakan sesuai kebutuhan pembangunan Islamic Science Park,” pungkasnya.(div/r7)

Loading...