D-ONENEWS.COM

Khofifah Buka Samsat Kampus di 75 Perguruan Tinggi se-Jatim

Surabaya,(DOC) – Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa memberikan kemudahan bagi mahasiswa yang ingin membayar pajak kendaraan bermotor(PKB).

Ia membuka Layanan Samsat Kampus di Kampus C Universitas Airlangga (Unair) Surabaya.

Menurut Gubernur Khofifah, inisiasi ini sekaligus mendukung pengembangan usaha koperasi dilingkungan Perguruan Tinggi.

Hingga saat ini terdapat 75 kampus yang siap bekerjasama memberikan layanan pembayaran PKB melalui Layanan Samsat Kampus.

Ia mengapresiasi kolaborasi seluruh kampus negeri maupun swasta yang bersedia berkerjasama dengan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Jatim. Termasuk pihak Perbankan, UPT dilingkup Pemprov Jatim dan Dirlantas Polda Jatim.

“Pembukaan ini pada dasarnya adalah perluasan dari PPOB (Payment Point Online Banking). Tentu kami berharap bahwa secara khusus bisa bersinergi dengan seluruh koperasi yang ada di perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta di Jatim,” kata Khofifah.

Dengan keberadaan Samsat Kampus, harapan Khofifah, penguatan dukungan layanan publik bagi masyarakat Jatim bisa terpenuhi.

Ia menyampaikan, bahwa E-Samsat Bapenda Jatim memiliki indeks kepuasan masyarakat yang cukup tinggi yaitu sebesar 96.64 persen. Sisanya yakni sebanyak 3.33 persen biasa dan sebesar 0,03 persen tidak puas. “Hal ini harus dijaga dan dipertahankan,” tegasnya.

Selain Samsat Kampus, layanan pembayaran PKB juga dibuka Bapenda Jatim melalui program Samsat Bunda yang memiliki 16.982 wajib pajak dengan pendapatan sebesar Rp4,9 miliar. Lalu layanan Samsat OPOP, menerima pendapatan Rp657 juta dari 1.887 para pe-wajib pajak dan total pendapatan melalui fasilitas Samsat e Chanel sebanyak Rp183 miliar dari 341.823 para pe-wajib pajak.

“Tahun ini, Pemprov Jatim juga memberi pembebasan pajak daerah yang dilaksanakan selama 3 bulan, mulai 1 April hingga 30 Juni 2022. Kebijakan tersebut meliputi pembebasan sanksi administrarif pajak kendaraan bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor dan Pembebasan Pokok BBNKN II,” pungkas Khofifah.(fadiv/7)

Loading...

baca juga