D-ONENEWS.COM

Kinerja PDPS Lambat, Wali Kota Desak Percepat Revitalisasi Pasar

Surabaya,(DOC) – Meski sudah mendapatkan kucuran dana, namun revitalisasi pasar tak kunjung dilaksanakan oleh Perusahaan Daerah Pasar Surya (PDPS). Hal ini memantik reaksi Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini yang mendesak percepatan pembangunan.
Menurut Wali kota, kucuran anggaran revitalisasi pasar di Surabaya ini sudah cukup berlebih.
Berdasarkan catatan yang ada, PD Pasar Surya pernah mengajukan dana penyertaan modal untuk pembangunan empat pasar sebesar Rp10 miliar yang diterima akhir tahun 2015. Namun, sampai pada akhir 2016 dana tersebut tidak sepenuhnya dimanfaatkan dan sisanya dikembalikan ke Pemkot Surabaya. Saat ini, perusahaan plat merah yang dipimpin Plt Dirut Mikhael Bambang Parikesit ini dikabarkan menerima lagi kucuran dana dari APBD untuk revitalisasi pasar.
Surat permohonan pencairan dana Rp10 miliar tertanggal (10/09/2015) tersebut mencantumkan untuk pembangunan empat pasar diantaranya Keputran Utara Rp1.945.970.000, Pucang Anom Rp3.894.227.000, Pasar Kembang Rp3.647.208.000, dan Tembok Dukuh Rp512.595.000.
“Kemaren (tahun 2015) kita beri 10 miliar hanya dipakai sekitar enam miliar dan sisanya dikembalikan lagi. Sekarang kurang minta lagi ini kan jadi ketinggalan progresnya mundur lagi. Tiga pasar aja nggak tuntas, saya berharap secepatnya,” kata Wali Kota Tri Rismaharini kepada wartawan di ruang kerja, Rabu (22/02/2017).
Pihaknya menilai, kinerja PDPS harus lebih serius untuk percepatan pembangunan pasar karena sudah menerima kucuran anggaran. Padahal, perbaikan pengelolaan pasar di Surabaya memang menjadi salah satu prioritas Wali Kota Risma agar bisa bersaing dengan pasar moderen. Sayangnya, PDPS selaku pengelola banyak mendapat sorotan karena tidak sesuai harapan dan sempat beberapa kali terlibat masalah hukum.
“Kita harus bisa bersaing dengan pasar modern. Pasar itu ya harus bersih dan menarik untuk anak-anak dan anak muda. Selama mereka belum tertarik ke pasar tradisional ya belum berhasil. Soalnya lama mbangunya itu revitalisasi pasar,” jelasnya.
Sementara itu, Direktur Teknik dan Usaha PDPS, Zandy Feryansah mengakui keterlambatan proyek revitalisasi pasar pada tahap pertama yaitu tahun 2016 lalu, karena masalah non teknis. Dari empat pasar yang akan direvitalisasi, hanya Pasar Tembok Dukuh yang selesai. Sedang, untuk Pasar Keputran Utara dan Pasar Kembang sudah dilakukan tahap pertama dan dilanjutkan tahun ini.
“Untuk Pasar Pucang Anom gagal lelang jadi belum dikerjakan pada tahun 2016. Seluruhnya akan dilanjutkan tahun ini menggunakan anggaran tahap kedua. Kita memang sudah dapat perintah dari Bu Wali (Tri Rismaharini,red) untuk melakukan percepatan,” kata pria yang akrab disapa Ferry ini.
Meski begitu, pihaknya menegaskan saat ini proses pembangunan tahap kedua yaitu tahun 2017 sudah mulai berjalan. Beberapa persiapan diantaranya perencanaan, lelang dan mempersiapkan tempat penampungan sementara (TPS) sudah dilakukan.
“Kita tidak memungkiri ada keterlambatan dan serapan rendah. Dari dana yang diterima tahap pertama 2015 yang dikerjakan tahun 2016 dikembalikan Rp3,8 miliar. Nah, tahun ini proyeknya sudah kita lanjutkan dengan anggaran tahap kedua,” katanya.(li/rob7)

Loading...

baca juga