D-ONENEWS.COM

KPU Ajak Masyarakat Kawal Penghitungan Suara di TPS

Jakarta (DOC) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengajak masyarakat untuk berpartisipasi mengawal penghitungan suara di TPS. Pengawasan kegiatan hitung suara bisa dengan mencatat, memfoto hingga memvideokan prosesnya.

Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari menyebut pengawalan itu demi menjaga kredibilitas dan transparansi dalam proses pemungutan dan penghitungan suara, serta mencegah kecurangan dan manipulasi suara.

“Kami juga mengundang untuk mendokumentasikan, baik itu mencatat, memfoto, atau mengambil gambar video kegiatan pemungutan suara dan penghitungan suara di TPS,” kata Hasyim di kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Selasa (13/2) kemarin.

Ia berharap pemungutan dan penghitungan suara dapat berlangsung dengan lancar. Karena itu, KPU meminta semua pihak ikut mengawasi proses Pemilu 2024.

“Kami mengajak bersama-sama kita mengawal hasil penghitungan suara tersebut supaya terjaga keasliannya atau kemurniannya. Mulai dari TPS sampai dengan di tingkat nasional,” pungkasnya.

Pemungutan suara digelar pada hari ini (14/2). Selanjutnya, penghitungan dan rekapitulasi suara berlangsung pada 15 Februari sampai 20 Maret 2024.

Pilpres 2024 mempertemukan tiga pasangan calon yang bertanding, yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo-Gibran, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD. (cnn)

Loading...