D-ONENEWS.COM

KPU Surabaya: Distribusi Logistik Pemilu Lancar Meskipun Terkendala Cuaca

Surabaya (DOC) – Seiring dengan mendekati tanggal pemungutan suara, upaya distribusi logistik pemilu di Surabaya terus berlangsung meskipun dihadapkan pada tantangan cuaca yang tidak selalu bersahabat. Hal tersebut disampaikan oleh Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Surabaya, Subairi saat media gathering, Senin (12/2/2024).

“Jadi kami telah melakukan upaya untuk memastikan distribusi logistik ke tingkat kecamatan dan kelurahan selesai sesegera mungkin,” ungkap Subairi.

Subairi menjelaskan, distribusi logistik secara umum tidak mengalami kendala signifikan. Pasalnya, per hari ini logistik tersebut telah mulai digeser dari kecamatan ke kelurahan.

“Beberapa logistik berupa surat suara itu sudah mulai terdistribusikan ke tingkat kecamatan,” ujarnya.

Meskipun distribusi logistik telah dimulai, Subairi mengakui bahwa cuaca menjadi faktor yang mempengaruhi proses distribusi.

“Harapannya, kalau di tingkat kecamatan itu sudah tuntas 100 persen, sudah didistribusi ke tingkat kecamatan itu udah semua. Sekarang tinggal bergerak ke tingkat kelurahan masing-masing,” kata Subairi.

Menurutnya, hal jni memang tidak mudah, mengingat cukup banyak logistik yang harus dipindah dari kecamatan ke kelurahan.

“Terlebih cuaca beberapa hari ini cukup menjadi kendala bagi kami,” paparnya.

Untuk mengantisipasi kendala hujan, pihaknya pun telah melakukan koordinasi dengan berbagai pihak terkait, termasuk kepolisian, TNI, dan panwascam.

“Gak mungkin kami mengangkut logistik itu melalui bak terbuka. Karena potensi hujan dan seterusnya itu menjadi pertimbangan teman-teman di kecamatan untuk geser ke kelurahan,” tambahnya.

Selain itu, Subairi menyatakan bahwa salah satu tantangan terbesar adalah menemukan tempat yang layak dan aman untuk menyimpan logistik pemilu, terutama di kelurahan-kelurahan dengan jumlah pemilih yang cukup besar.

“Jadi kita juga berkoordinasi dengan beberapa pihak untuk kemudian mencari tempat layak dan aman, tentunya sama-sama dipantau baik oleh teman-teman dari kepolisian, TNI, panwascam, sehingga tempat itu tidak menjadi kendala,” tutur Subairi.

Kendati demikian, Subairi menegaskan bahwa meskipun terdapat kendala cuaca dan logistik yang harus dipindahkan dari kecamatan ke kelurahan, pihaknya berkomitmen untuk menyelesaikan distribusi logistik dengan maksimal.

“Maksimal besok udah selesai. Karena, secepatnya akan digeser ke TPS,” pungkas Subairi. (r6)

Loading...

baca juga