D-ONENEWS.COM

KPU Surabaya Terima Pendaftaran Rasiyo-Lucy Kurniasari

Surabaya,(DOC) – Komisi Pemilihan Umum(KPU) Kota Surabaya menerima pendaftaran bakal pasangan calon DR. H. Rasiyo M. Si – Dra.Lucy Kurniasari yang dalam pelaksanaan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Surabaya 2015 diusung oleh gabungan Partai Demokrat dan Partai Amanat Nasional (PAN). Rombongan bakal pasangan calon tersebut, tiba di hari pertama pendaftaran tahap kedua, Selasa (8/9/2015), sekitar pukul 14.45 WIB.

Ketua KPU Surabaya, Robiyan Arifin mengungkapkan bahwa dalam pendaftaran tersebut, pasangan Rasiyo dan Lucy sejauh ini telah menyerahkan semua dokumen syarat pencalonan. Sedangkan untuk syarat calon Lucy masih ada yang kurang, yaitu surat keterangan dari pengadilan niaga serta harus segera melakukan tes kesehatan jasmani dan rohani di RS DR. Soetomo Surabaya.

“Syarat pencalonan Walikota dan Wakil  Walikota sudah kami terima. Tetapi tentu saja kami masih akan meneliti lagi dokumen-dokumen yang telah diserahkan tersebut. Kalau ternyata dalam penelitian itu masih ada dokumen-dokumen yang belum dilengkapi ataupun dokumen-dokumen yang salah, tentu akan diberi kesempatan untuk melakukan perbaikan,” ujar Robiyan.

Setelah pendaftaran tersebut dilakukan, KPU akan mengagendakan pemeriksaan kesehatan jasmani dan rohani terhadap calon wakil walikota, Lucy Kurniasari. Pemeriksaan kesehatan tersebut juga merupakan salah satu persyaratan yang harus dijalani calon yang bersangkutan.

“Karena sebelumnya Pak Rasiyo sudah menjalani tes kesehatan, maka sekarang tinggal Ibu Lucy yang akan menjalaninya dalam jangka waktu dekat di RSUD Dr. Soetomo. Untuk jadwalnya, akan kami sampaikan ke Liaison Officer (LO) pasangan calon. Biasanya sih dua hari,” lanjutnya.

Sementara itu, penelitian syarat pencalonan dan syarat calon akan dilakukan KPU Surabaya pada 11 hingga 15 September 2015. Hasil penelitian tersebut, selanjutnya hasil penelitian akan diberitahukan pada 15 atau 16 September 2015. Sedangkan apabila ada dokumen yang kurang lengkap, maka kesempatan untuk melakukan perbaikan, akan diberikan pada 17 hingga 19 September 2015. Hasil perbaikan tersebut, berikutnya masih akan diteliti pada 20 hingga 23 September 2015.

“Untuk hari ini, prosesnya sudah bisa dikatakan selesai. Tetapi kami masih akan menerima pendaftaran dari parpol atau gabungan parpol yang lain sampai tanggal 10 September nanti,” pungkas dia.(McK/r7)

Loading...