D-ONENEWS.COM

Kriteria Ideal Sosok Pemimpin Versi Jokowi: Dekat dengan Rakyat dan Pemberani

Jakarta (DOC) – Presiden Joko Widodo atau Jokowi menegaskan bahwa Indonesia membutuhkan sosok pemimpin yang tepat dan berani.

Hal ini disampaikan oleh Presiden Republik Indonesia, Jokowi dalam acara puncak Musyawarah Rakyat atau Musra di Istora Senayan Jakarta pada hari Minggu, 14 Mei 2023.

Menurut Jokowi, rakyat Indonesia membutuhkan pemimpin yang benar – benar dekat dengan rakyat, memahami hati rakyat mengetahui kebutuhan rakyat, dan mau bekerja keras untuk rakyat.

Selain itu, Jokowi menekankan pentingnya sosok pemimpin yang berani dan paham bagaimana memajukan negara ini.

Soal kriteria Presiden 2024 sekaligus penerus dirinya untuk periode selanjutnya juga diungkapkan melalui unggahan pribadi Instagram miliknya.

“Ada banyak syarat jadi pemimpin. Tapi untuk negara besar Indonesia, dengan penduduk 280 juta, kita membutuhkan pemimpin yang dekat dengan rakyat, paham hati rakyat, dan pemberani demi rakyat. Bukan pemimpin yang hanya duduk di istana,” ungkap Jokowi di Instagram pribadinya, dikutip Senin (15/5).

Jokowi juga menegaskan bahwa pemimpin harus tahu dan paham bagaimana memajukan negara dari sisi mana serta mampu memanfaatkan peluang yang ada.

Pemimpin, kata dia, tidak boleh hanya melakukan rutinitas dan duduk di Istana serta menandatangani dokumen, tetapi harus memiliki strategi untuk memajukan negara dalam segala aspek.

Sebab, Jokowi menilai bahwa Indonesia sedang berhadapan dengan negara lain dalam segi segala aspek dan memiliki kompetisi yang cukup untuk memajukan bangsa Indonesia kedepannya.

Sehingga, Jokowi berharap bahwa presiden Indonesia ke depannya harus pemberani dan dekat dengan rakyat, bukan hanya duduk di istana saja. (zis)

Loading...