D-ONENEWS.COM

Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Indonesia Satu-satunya Wakil ASEAN

Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Indonesia Satu-satunya Wakil ASEAN

Jakarta,(DOC) – Indonesia menjadi harapan ASEAN yang tersisa di kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Negara-negara Asia Tenggara lainnya gagal lolos ke putaran ketiga.
Indonesia melangkah ke ronde ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 usai menang atas Filipina di matchday terakhir.

Bermain di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Selasa (11/6) malam WIB, Indonesia menang 2-0 berkat gol Thom Haye dan Rizky Ridho.

Pasukan Shin Tae-yong itu lolos sebagai runner-up Grup F mendampingi Irak. Indonesia mengumpulkan 10 poin dari enam pertandingan.

Keberhasilan Indonesia lolos ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 gagal diikuti negara-negara Asia Tenggara lainnya. Pada matchday terakhir, selain Indonesia, tiga negara ASEAN yang masih berpeluang adalah Thailand, Vietnam, dan Malaysia.

Peluang Vietnam praktis tertutup setelah Indonesia menang atas Filipina. Vietnam pada akhirnya finis ketiga di bawah Indonesia.

Nasib tragis dialami Thailand di Grup C. Tim Gajah Perang harus puas finis ketiga meski punya jumlah poin sama dengan China yang ada di urutan kedua.

Thailand gagal lolos setelah kalah head to head dari China. Pada pertandingan terakhir, Thailand yang butuh kemenangan dengan selisih tiga gol cuma menang 3-1 atas Singapura.

Sementara itu, Malaysia mengakhiri kualifikasi dengan kemenangan 3-1 atas Chinese Taipei. Kemenangan tersebut membuka peluang Malaysia untuk lolos ke fase berikutnya, meski sangat tipis.

Sebab, Malaysia butuh Oman untuk mengalahkan Kirgistan dengan selisih tujuh gol. Pada akhirnya, Oman dan Kirgistan bermain imbang 1-1 dan Malaysia dipastikan tersingkir.

Indonesia menjadi salah satu dari 18 negara yang akan bertarung di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Nantinya, 18 negara tersebut akan dibagi ke dalam tiga grup.

Dua tim teratas dari masing-masing grup akan lolos ke Piala Dunia 2026. Sementara tim peringkat ketiga dan keempat akan lanjut ke putaran empat. Undian putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 akan digelar pada 27 Juni. (zis)

Loading...