D-ONENEWS.COM

Kuota Haji Ditambah 10 Ribu Jiwa, Jadwal Keberangkatan CJH Kloter Pertama Maju

Surabaya,(DOC) – Calon Jemaah Haji (CJH) Kelompok Terbang (Kloter) pertama embarkasi Surabaya akan berangkat, Sabtu(6/7/2019) pagi.

Jadwal keberangkatan CJH Kloter Pertama ini ditetapkan maju dari rencana sebelumnya yang akan berangkat pada Minggu(7/7/2019).

Perubahan jadwal ini disebabkan adanya penambahan kuota CJH untuk kloter pertama embarkasi Surabaya.

Jumlah CJH Kloter pertama kurang lebih sebanyak 450 jiwa yang berasal dari Kabupaten Magetan. Para CJH tersebut sudah berada di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya, Jumat(5/7/2019) hari ini dan mendapat sambutan Menteri Agama (Menag), Lukman Hakim Saifuddin.

“Ada perubahan jadwal keberangkatan yang seharusnya dimulai 7 Juli 2019, menjadi 6 Juli 2019,” ungkap Menag.

Rencananya jam keberangkatan CJH Kloter pertama dari Asrama Haji Sukolilo menuju Bandara International Juanda, yakni pada pukul 03.05 WIB. Kemudian disusul CJH Kloter kedua dari Ngawi sebanyak 315 orang, Ponorogo 62 orang, dan Surabaya 68 orang.

Menurut Lukman Hakim, penambahan kuota CJH pada Musim Haji kali ini mencapai hingga 10 ribu jiwa.

“Penambahan kuota ini, berkat membaiknya hubungan antara pemerintah Indonesia dengan Arab Saudi,” tandasnya.

Ia berpesan kepada seluruh CJH agar tetap menjaga kesehatan selama menjalankan ibadah haji di tanah suci Mekkah, karena kesehatan adalah faktor mutlak bagi setiap CJH.

“Kita tak bisa melakukan ibadah baik rukun maupun sunnah jika kesehatan tidak baik. Maka pola hidup sehat adalah keharusan bagi para jamaah. Hampir semua sessi ibadah haji, kecuali wukuf di Arafah, dilakukan dengan gerakan. Sehingga dibutuhkan kondisi fisik yang prima,” pungkas Menag.(hadi/r7)

Loading...