Masa Kampanye, Dewan Jangan Bolos

Tidak ada komentar 164 views

Surabaya, (DOC) – Ketua DPRD Surabaya, M. Mahmud, Selasa (11/3/2014), menghimbau anggotanya agar tetap menjalankan tugasnya sebagai anggota legislatif, meski dalam masa kampanye nanti sebagian anggota dewan sibuk melakukan kampanye. Pasalnya, menurut anggota fraksi Partai demokrat ini, di selang waktu kampanye 16 Maret – 6 April terdapat beberapa agenda kegiatan dewan.
“Di masa kampanye ada jadwal paripurna pergantian antar waktu, pengesahan raparda dan rapat-rapat lainnya,” tegasnya.
Mahmud menyadari, dalam rentang waktu 5 tahun masa bhaktinya, 3 minggu diantaranya kegiatan dewan terganggu oleh masa kampanye Pemilu. Untuk mengantisipasi terganggunya kinerja dewan, ia meminta para anggota dewan bisa membagi waktu antara kampanye dan melakukan tugasnya di DPRD.
“Kita harapkan kesadaran masing-masing, sehingga tdiak sampai mengorbankan kinerja dewan,” tuturnya.
Mahmud menegaskan pihaknya telah menyampaikan himbaun kepada para anggota dewan untuk aktif dalam setiap kegiatan DPRD, meski memasuki masa kampanye melalui fraksi masing-masing.
“Lewat fraksi saya himbau, agar selama masa kampanye tidak meninggalkan gedung DPRD,” katanya.
Mantan Ketua Komisi B ini mengatakan, dalam setiap kegiatan rapat paripurna pihaknya mengupayakan mencapai kuorum. Caranya dengan mengirim undangan beberapa hari sebelumnya. Ia yakin rapat paripurna bsia terlaksana, karena sebelumnya diagendakan dalam forum Banmus.
“Kita upayakan kuorum, tapi jika tidak terpenuhi ya tidak digelar,” terangnya.
Meski berdasarkan pengalaman sebelumnya, menjelang masa kampanye sebagian anggota dewan yang kembali mencalonkan diri sebagai anggota legislatif jarang masuk kantor.
“Karena seluruh anggota dewan kan kader partai, jadi dalam masa kampanye seringkali jarang ke kantor,” terangnya. (k4/r4)