D-ONENEWS.COM

Matangkan Pelatih Lokal, Askot PSSI Surabaya Berikan Kursus Elit

Foto ; Logo Askot PSSI

Surabaya,(DOC) – Pelatih muda Surabaya dan sekitarnya terus mematangkan kualitas keahliannya. Pasalnya, Asosiasi Kota Surabaya PSSI membekali kursus progresif bertema Elite Course.

Para pelatih akan menempa kemampuan kepelatihan di atas lapangan lewat kursus bertingkat. Tak hanya itu, kursus juga melibatkan pelatih berlisensi nasional yang sarat pengalaman di jagad persepakbolaan nasional.

Program percepatan kepelatihan ini akan diawali dengan agenda kursus Lisensi D Nasional yang digelar lewat tiga gelombang mulai awal Oktober, November dan Desember 2019 mendatang. Jadwal pendaftaran hingga kini masih dibuka bagi calon pelatih berlisensi asal Kota Pahlawan ataupun wilayah lain di Indonesia.

Kursus Lisensi D Nasional dapat diikuti pelatih pemula atau pelatih Sekolah Sepak Bola (SSB) yang ingin mengasah pemahaman dan pengetahuan mereka sesuai filosofi sepak bola Indonesia sekaligus mengantongi sertifikat lisensi resmi dari PSSI. Kursus gelombang pertama akan digelar 14 – 20 Oktober 2019, bertempat di Wisma Persebaya Karanggayam dan Stadion Gelora 10 November Tambaksari Surabaya.

“Kursus Lisensi ini program kegiatan wajib untuk menambah SDM pelatih dengan lisensi kepelatihan,” terang Ramzy Okbah selaku Pengurus Bidang SDM, Askot PSSI Surabaya, Sabtu(31/8/2019).

Selanjutnya, digelar pula program kursus percepatan pengembangan pelatih bertajuk Elite Course. Kursus lanjutan ini terbagi dalam tiga level, yakni Basic, Advance dan Elite. Rangkaian Elite Course akan digelar pada 17 November mendatang sampai dengan 14 Desember 2019.

Menurut Ramzy, program ini sebagai upaya standarisasi kepelatihan internal anggota Askot PSSI Surabaya. Sehingga program ini sifatnya wajib diikuti bagi para pelatih klub-klub yang berada di bawah naungan Askot Surabaya.

Meski demikian, Program Elite Course juga terbuka bagi pelatih klub di luar keanggotaan Askot Surabaya dengan beberapa syarat tertentu. Sedangkan untuk pelatih internal tidak dikenakan biaya.

Pada kursus ini akan dihadiri praktisi kepelatihan yang berpengalaman, yakni Ganesha Putra sebagai pemateri.

“Pesertanya boleh dari mana saja, tapi pihak luar kita tarik biaya. Untuk khusus pelatih klub anggota Askot kita subsidi murni tanpa biaya,” ujar Ramzy.

Program ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas SDM pelatih seiring dengan konsep kompetisi lokal yang berjalan di sejumlah jenjang. Alhasil, bagi semua pelatih klub atau SSB yang telah mengantongi Lisensi D dan Lisensi C.

Maka, pelatih didorong mengikuti kelas Elite Course sesuai porsi yang dibutuhkan. Misalnya, pelatih klub yang ikut kompetisi 7 v 7, Kompetisi U-13 dan U-15, diwajibkan ikut level 1 (Basic) dan level 2 (Advance). Bagi kepala pelatih kompetisi U-17 dan U-19 wajib juga mengikuti ketiga level.

“Kita ingin percepatan pelatih. Kita punya konsep kompetisi yang bagus. Tapi tidak akan terlaksana baik bila SDM pelatih juga tidak memahami konsep itu sendiri. Detail konsep kita berikan di Elite Course,” tegas Ramzy.(pas)

Loading...

baca juga