D-ONENEWS.COM

Melalui Sepakbola, Wagub Emil Harap Terjalin Kerjasama Jatim-Australia Barat

Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak menghadiri resepsi perpisahan Tim Sepakbola U19 Negara Bagian Australia Barat Gold Fields Men yang diadakan di Balai Adika Hotel Majapahit Surabaya, Kamis (25/7)

Surabaya (DOC) – Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak menyambut hangat hadirnya Tim Sepakbola U19 Negara Bagian Australia Barat Gold Fields Men di Jawa Timur dalam tandang melawan Persebaya Surabaya. Dia berharap, lawatan persahabatan tersebut menjadi langkah awal jalinan kerjasama antara Jatim dengan Australia Barat di berbagai aspek.

Harapan tersebut disampaikan Wagub Emil saat menghadiri resepsi Perpisahan Tim Sepakbola U19 Negara Bagian Australia Barat Gold Fields Men yang diadakan di Balai Adika Hotel Majapahit Surabaya, Kamis (25/7) malam.

Mantan Bupati Trenggalek itu menyampaikan, bahwa momen di bidang olahraga yang saat ini dilakukan, selain bisa menjadi ajang persahabatan kedua tim, juga untuk mempererat hubungan diplomasi antar kedua pemerintahan. Dan hal ini bisa disebut dengan yang namanya Diplomasi Pemuda.

Ibu Gubernur, lanjut dia, menyampaikan bahwa ini adalah Diplomasi Pemuda, yang harapannya dapat mendekatkan kedua provinsi dan membangun lebih banyak kolaborasi di berbagai aspek. Selain olahraga, ada beberapa potensi kolaborasi di seni budaya.

Untuk menyambut keinginan itu, mewakili Gubernur Jatim, Wagub Emil Elestianto Dardak menyampaikan salam hangat atas kedatangan tim muda negeri kanguru tersebut.

Wagub Emil menambahkan, bahwa beberapa waktu sebelumnya, Pemprov Jatim telah melakukan pertemuan dengan Kementerian Kebudayaan dan Olahraga Australia. Pertemuan tersebut membahas banyak hal, di antaranya soal pengelolaan museum, penyelenggaraan pertandingan persahabatan, serta potensi kolaborasi seni budaya kontemporer ataupun tradisional.

Hal senada disampaikan Konsulat Jenderal Australia di Surabaya Chris Barnes. Ia menyampaikan rasa bangganya atas terselenggaranya pertandingan persahabatan antara kedua provinsi.

Apa yang telah dilakukan seminggu ini, jelas Chris Barnes merupakan hal yang penting dalam meningkatkan hubungan kerjasama antara Australia Barat dan Jawa Timur, Australia dan Indonesia serta Perth dan Surabaya.

Sementara itu, kedatangan Tim Sepakbola U19 Negara Bagian Australia Barat Gold Fields Men merupakan rangkaian tur ke Surabaya yang diselenggarakan selama tujuh hari. Kunjungan tersebut merupakan kunjungan balasan yang dilakukan Persebaya U19 ke Perth Australia. Dalam sepekan kunjungannya di Jatim, tim Sepakbola U19 Negara Bagian Australia Barat melakukan pertandingan persahabatan dengan tim Persebaya U18 dan U20 serta pengenalan seni dan budaya di Surabaya. (gus)

Loading...

baca juga