D-ONENEWS.COM

Merdeka Secara Finansial, Lazada Bagi Tips Bangun Bisnis Online ala Sellernya di Surabaya

foto : Achmad Alkatiri, Chief Marketing Officer, Lazada Indonesia

Surabaya,(DOC) – Turut memeriahkan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-73, Lazada memperkenalkan profil Yuliana, salah satu seller Lazada. Sebagai bentuk apresiasi atas kiprah Yuliana mengembangkan usahanya, Lazada memperkenalkan sosok Yuliana sebagai seller teladan Lazada kali ini. Diharapkan kisahnya akan dapat menginspirasi  para pengusaha kecil menengah di seluruh Indonesia yang sedang berupaya mengembangkan bisnisnya secara online.

Yuliana, pemilik toko virtual bernama Indo Ultimate di platform Lazada ini berasal dari kota Surabaya. Memulai usahanya sejak pertengahan tahun 2015, Indo Ultimate merupakan toko virtual multi-kategori dengan produk mencakup fashion, aksesoris kendaraan, serta perlengkapan bayi.

Awal berjualan online perhari hanya mencapai 10 pesanan yang dikirimnya, namun kini frekuensi pengiriman perhari Indo Ultimate mencapai 500 hingga 600 paket.

Dalam kesempatan ini, Yuliana membagikan beberapa tips dan kunci kesuksesannya dalam berjualan di online.

Menurut dia, belajar dan menerapkan ilmu yang didapatkan dalam praktik sehari-hari akan dapat meningkatkan jumlah pesanan yang luar biasa pada jangka waktu yang relatif singkat.

Ia sering mempelajari dan mempraktekkan bermacam fitur yang tersedia di situs online dengan tekun, serta mencoba menerapkan berbagai pembelajaran dari para pakar penjualan online di Lazada.

“Tantangan terbesar adalah mengimbangi kemajuan pasar yang berkembang sangat cepat seperti pemenuhan tuntutan konsumen atas permintaan barang dan kualitas pelayanan. Dari segi teknologi, sebagai seller saya harus bisa cepat belajar dan menerapkan fasilitas yang disediakan Lazada agar bisa mengimbangi tuntutan pasar dan memenangkan kompetisi. Masukan dari tim Lazada soal perbaikan tampilan dan penjelasan produk, kepastikan stok dan kecepatan menanggapi pertanyaan konsumen harus dimanfaatkan dengan baik. Karena pada akhirnya kepuasan konsumen akan membantu saya memiliki reputasi yang baik sebagai seller.” ungkap Yuliana, Seller Indo Ultimate, Lazada Indonesia, Jumat(17/8/2018).

Meskipun dirinya berada di Surabaya, namun pelatihan jualan online terus didapatnya dan tak pernah ketinggalan.

“Posisi saya di Surabaya, saya tidak pernah ketinggalan untuk mendapatkan berbagai pelatihan, karena ada yang sifatnya online. Selain itu dukungan sesama seller di Lazada Club Surabaya juga turut membantu saya,” tambah Yuliana.

Tips berikutnya yakni menyeimbangkan perkembangan bisnis dengan kebahagiaan keluarga. Bagi Yuliana dukungan penuh dari suami dan anak-anak memungkinkan dia mengelola Indo Ultimate dengan baik.

“Saya selalu menyempatkan diri untuk menyapa anak-anak ketika pulang sekolah, makan siang bersama, dan menyambut mereka ketika mereka bermain ke kantor karena kami sebagai orang tua memprioritaskan pertumbuhan sehat anak-anak kami. Bagi saya, peran penting seorang ibu di masa modern seperti sekarang ini adalah penyedia asupan jiwa dan raga, dimana ibu memiliki kesempatan untuk turut mencari nafkah tambahan bagi perekonomian keluarga serta juga membimbing anak-anak tumbuh menjadi manusia bermoral dan beretika timur yang baik dan sopan,” tambah Yuliana.

Tips ketiga yang dilakukan Yuliana hingga sukses, yaitu melakukan perencanaan dan evaluasi.

Menurut dia, perencanaan baik merupakan pemegang kunci sukses bisnisnya. Yuliana mengatakan, sangatlah penting bagi seller untuk memilih produk yang tepat agar produk cepat terjual dan dapat segera balik modal.

“Pemilihan produk unggulan berkualitas, harus diikuti dengan pengetatan pengeluaran semaksimal mungkin dan memperbarui sistem dari waktu ke waktu sehingga akan meningkatkan efisiensi,” katanya.

Tips keempat adalah mutu pelayanan konsumen yang memuaskan.

Banyaknya toko virtual di situs Lazada, menurut Yuliana, penting bagi seller untuk terlihat menonjol di hadapan konsumen. Mulai dari memberikan perhatian ekstra atas berbagai ragam permintaan yang mereka miliki, hingga mendapatkan masukan atas jenis produk yang mereka butuhkan. Oleh karena itu perhatian extra melalui extra mile service sangatlah penting bagi kelangsungan usaha.

“Yang dimaksud dengan extra mile service adalah service lebih yang dapat diberikan oleh seller kepada pelanggan yang bisa menjadi factor pembeda dibanding dengan toko lainnya, yaitu: keramah-tamahan, ketulusan melayani, serta mengakrabkan diri dengan pelanggan. Kelihatannya sepele, tapi langkah ini turut berkontribusi memberikan tambahan pemasukan hingga puluhan persen,” pungkasnya.

Sementara itu, Achmad Alkatiri, Chief Marketing Officer, Lazada Indonesia, mengatakan, kagum dengan ketekunan Ibu Yuliana dan para seller Lazada lainnya yang pandai memanfaatkan peluang ini. Harapannya tips ini bisa menginspirasi calon-calon UMKM lainnya untuk berbisnis secara online.

“Ibu Yuliana merupakan salah satu contoh dari ribuan seller Lazada teladan yang mampu menyeimbangkan peran sebagai Ibu dan pengusaha UMKM. Untuk itu kami sangat bangga atas capaian Ibu Yuliana, dan berharap kisahnya dapat menginspirasi lebih banyak seller untuk mengembangkan usahanya secara online. Karena melalui berjualan secara online potensi dagang menjadi tidak terbatas oleh ruang,” kata Achmad Alkatiri.

Ia juga menjelaskan, bahwa disamping memberikan dukungan kepada seller melalui sistem dan pelatihan, Lazada juga giat menyelenggarakan promo serta kampanye untuk memfasilitasi para seller dalam meningkatkan transaksinya.

“Salah satu promo yang sedang berjalan adalah promo Pesta Diskon Merdeka. Dengan menghadirkan promo meriah berupa diskon sampai dengan 73% mulai tanggal 17 sampai dengan 21 Agustus, Lazada berharap konsumen akan antusias untuk berbelanja berbagai produk lokal buatan anak bangsa favorit mereka dengan jaminan kualitas dan kepuasan berbelanja, serta pilihan fasilitas Cash on Delivery, dan Gratis Ongkir,” paparnya.(rob/r7)

baca juga