Momen Hari Pahlawan Bikin Motivasi Persebaya Berlipat

Istimewa

Surabaya, (DOC) – Persebaya membawa optimisme tinggi jelang menjamu pemuncak klasemen Liga 1, PSM Makassar, Sabtu (10/11) di Gelora Bung Tomo, Surabaya. Hari pahlawan dipercaya membawa motivasi berlipat bagi Rendi Irwan dkk untuk menekuk tim tamu.

Saat konferensi press pra pertandingan, Pelatih Persebaya Djajang Nurdjaman mengatakan, PSM Makassar menjadi lawan yang cukup berat. Terlebih, sebagai salah satu calon juara Liga 1, PSM diperkirakan akan tampil ngotot untuk mengamankan tahta juara Liga 1 yang kian dekat.

Kendati demikian, Persebaya juga tak mau kalah untuk bermain maksimal. Pasalnya, The Green Force memburu tiga poin untuk memastikan keamanan tim dari jurang degradasi.

“PSM pasti mengincar kemenangan. Tapi kita juga butuh 3 poin lagi agar aman dari degradasi dengan empat pertandingan tersisa,” ujar Djanur.

Mantan pelatih Persib Bandung ini menambahkan, pihaknya akan bermain dengan motivasi berlipat di kandang sendiri. Mengingat, pertandingan digelar bersamaan perayaan Hari Pahlawan. Sedangkan Surabaya merupakan ikon Kota Pahlawan. Dukungan penuh dari Bonekmania di stadion dipastikan juga akan berapi-api layaknya semasa perjuangan Bung Tomo.

“Bertanding di hari pahlawan tentu akan menjadi tambahan motivasi bagi para pemain. Saya yakin pemain punya rasa itu,” tegas pelatih berdarah Sunda ini.

Djanur menambahkan, pihaknya akan meminta Rendi Irwan dkk mewaspadai sejumlah pemain kunci PSM Makassar. Para pasukan Green Force diharap tampil habis-habisan dan bermain apik seperti kala menundukkan Persija lalu.

“PSM punya M. Rachmat, Guy Junior, Ferdinand Sinaga, Marc Klok. Mereka perlu mendapat perhatian. Harus kerja keras seperti lawan Persija kemarin,” tandasnya.

Djajang semakin optimis melihat pulihnya sejumlah pemain, termasuk striker utamanya, David Da Silva.

“David Silva sudah mengikuti latihan kemarin. Tapi belum pasti akan kita mainkan atau tidak. Sekali lagi kami belum aman. Kami ingin poin lagi agar aman. Sisa 4 pertandingan,”tegasnya.

Terkait semangat berlipat di Hari Pahlawan juga diamini oleh salah satu pilar Persebaya, M. Syaifuddin. Bek serba bisa ini berjanji akan tampil maksimal seperti kala berhasil mematikan para striker tajam Persija.

“Saya siap tunjukkan yang terbaik. Apapun posisinya (bek kanan atau kiri atau gelandang bertahan) yang penting setiap ada kesempatan akan kami berikan yang terbaik. Teman tentu akan berbeda semangatnya lebih berlipat untuk hari pahlawan,” ujar pemain yang berposisi murni sebagai bek tengah ini.

Terpisah, Pelatih PSM Makassar Robert Rene Alberts mengakui, Persebaya sebagai tim kuat di kandang dan mencetak gol banyak. Apalagi banyak tim besar calon kuat juara liga 1 yang harus tersungkur di GBT.

“Kita harus fokus dalam pendekatan pertandingan kali ini. Saya pikir pertandingan ini penting untuk mempertahankan posisi puncak. Persebaya kuat tapi bukan tidak mungkin kami mencuri kemenangan,” tegasnya. (Pbr)