D-ONENEWS.COM

Panitia Khusus Siapkan Cross-Check Lapangan untuk Tukar Guling Aset di Surabaya

Panitia Khusus Siapkan Cross-Check Lapangan untuk Tukar Guling Aset di Surabaya
Panitia Khusus Siapkan Cross-Check Lapangan untuk Tukar Guling Aset di Surabaya

Surabaya, (DOC) – Panitia Khusus (Pansus) tukar guling aset Pemkot Surabaya dengan pengembang PT Mutiara Cemerlang Abadi. Namun, nampaknya Pansus memilih berhati-hati dalam membahas rencana tukar menukar aset ini.

Pasalnya, ada keraguan dari Panitia Khusus mengenai keadilan dalam proses tukar guling aset di wilayah Kelurahan Lidah Kulon, Kecamatan Lakarsantri. Hal ini di sampaikan pasca rapat di ruang Komisi B DPRD Surabaya pada Selasa (09/07/2024).

“Apakah obyek tukar menukar ini sudah fair? Nah, ini yang membuat kami ragu. Ini di dasari adanya kepentingan di kedua belah pihak, baik Pemkot maupun pengembang. Aset Pemkot ini posisinya di kepung oleh pengembang,” kata Ketua Pansus, Mahfudz.

Politisi PKB ini juga menyebut bahwa pihak appraisal belum bisa meyakinkan Pansus terkait penentuan harga aset.

“Yang membuat kami semakin ragu adalah pihak appraisal dalam pemaparannya di rapat tidak meyakinkan,” tambahnya.

Dengan kondisi tersebut, Mahfudz mengkhawatirkan adanya masalah di kemudian hari. Baik dari sisi masalah hukum maupun perselisihan dengan warga.

“Pansus sepakat akan melakukan cross-check lapangan pada Selasa pekan depan,” jelasnya.

Sebagai informasi, tanah aset Pemkot Surabaya berupa bekas tanah kas desa (BTKD) GS 118/S/1991 di Kelurahan Lidah Kulon seluas 28.362,91 meter persegi di mohonkan oleh PT Mutiara Cemerlang Abadi untuk di tukar dengan asetnya seluas 28.376 meter persegi di Kelurahan Lidah Kulon.

Dalam permohonannya tersebut, PT Mutiara Cemerlang Abadi telah mengirimkan surat ke Pemkot sebanyak lima kali sejak tahun 2016 hingga 2024. (r6)

Loading...

baca juga