Pelantikan 6 Kepala Daerah di Jabar Diiringi Napak Tilas Sejarah

Bandung (DOC) – Napak tilas sejarah mewarnai prosesi pelantikan 6 pasang kepala daerah terpilih hasil Pilkada serentak 2018 Jabar, Kamis (20/9/2018). Mereka menjalani napak tilas dari Hotel Savoy Homan menuju lokasi pelantikan di Gedung Merdeka. Keenam pasang kepala daerah berbaris sejajar bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Jalan Asia Afrika. Sementara Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum tak hadir.

Para kepala daerah kemudian berjalan santai menuju Gedung Merdeka. Alunan musik dan tarian khas sunda mengiringi prosesi tersebut.

Napak tilas merupakan ritual yang sebetulnya identik dengan rangkaian kegiatan pada konferensi Asia Afrika. Ritual itu dilakukan sebagai simbol penghargaan atas sejarah. Prosesi itu dijaga ketat pihak keamanan dari Kepolisian, TNI, Satpol PP dan ratusan anggota organisasi kepemudaan.

Lebih dari seribu petugas keamanan dilibatkan dalam kegiatan itu. Setelah dilantik, para kepala daerah akan melakukan konvoi dengan menggunakan delman menuju Gedung Sate.

Prosesi pelantikan akan dilakukan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Kepala daerah yang akan dilantik antara lain, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi-Tri Adhianto, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Oded M Danial-Yana Mulyana. Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi Ahmad Fahmi-Andri Setiawan Hamami, Bupati dan Wakil Bupati Bandung Barat Aa Umbara-Hengky Kurniawan.  Bupati dan Wakil Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika-H Aming, serta Bupati dan Wakil Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir-Erwan Setiawan.

“Alhamdulillah surat dari Kemendagri sudah kita terima dan sudah diserahkan kepada Pak Gubernur yang nanti akan memimpin langsung prosesi pelantikannya,” ujar Sekda Jabar, Iwa Karniwa.

Iwa menambahkan, untuk Pilkada Kota Cirebon akan dilakukan pemungutan suara ulang pada 22 September 2018.

“Kota Cirebon menyusul, kita doakan tanggal 22 September berjalan dengan baik. Diperkirakan ada sekitar 8000 pemilih di 24 TPS. Mohon masyarakat di Kota Cirebon dan semua pihak tetap tenang kondusif gunakan hak pilih sesuai hati nurani,” tuturnya.

Sementara itu Kepala Bagian Pemerintahan Setda Provinsi Jawa Barat Emma Kusumah mengatakan, acara pelantikan itu akan dihadiri sekitar 1800 undangan.

“Ada undangan pelat merah total 1200 ditempatkan di dalam Gedung Merdeka, untuk pelat hijau 600 di tenda luar. Karena ini hasil Pilkada serentak kami juga undang dari Kemendagri,” jelasnya.(kcm/ziz)

Tag: