D-ONENEWS.COM

Pemkab Lumajang Kembali Salurkan 1650 Bantuan Beras Masyarakat Terdampak PPKM

Lumajang,(DOC) – Pemerintah Kabupaten Lumajang kembali mendistribusikan 1650 sak bantuan beras program Forum Zakat Peduli.

Pendistribusian kali ini diberikan kepada masyarakat yang terdata melalui pendaftaran online dan kolom komentar akun facebook milik Bupati dan Wakil Bupati Lumajang.

“Ada masyarakat yang tidak masuk dalam radar bantuan dari pemerintah, itu yang kita jaring agar bisa dibantu,” ujar Thoriqul Haq saat memberangkatkan pendistribusian beras di GOR Wirabhakti Lumajang, Kamis (12/08/2021).

Bupati mengatakan bahwa dampak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) membuat masyarakat kesulitan mendapatkan pemasukan.

Hal ini membuat pemerintah melakukan berbagai cara agar masyarakat dapat bertahan di tengah sulitnya perekonomian akibat hantaman pandemi Covid-19.

Sebelumnya Pemkab Lumajang telah mendistribusikan kepada masyarakat terdampak PPKM yang berhasil terdata melalui RT/RW maupun pendaftaran online. Hingga 5 Agustus 2021 telah didistribusikan kepada masyarakat sebanyak 25.807 beras.

Program Forum Zakat Peduli ini bersumber dari donasi masyarakat, termasuk sumbangan dari gaji Bupati dan Wakil Bupati Lumajang beserta segenap jajaran ASN Lumajang yang disalurkan melalui forum zakat yang ada di Lumajang.

Dimana pemerintah sebagai pengambil kebijakan dalam hal ini menjadi inisiator dalam mendorong partisipasi publik untuk membantu sesama masyarakat.

“Saya merasa bahwa konsep partisipasi publik bila digerakkan melalui pemerintah ini yang bisa menjadi model baru dari pemerintahan di Indonesia bagaimana menghidupkan kembali semangat kegotongroyongan masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Baznas Lumajang, H. Atok Hasan Sanusi menjelaskan bahwa total beras yang terkumpul sebanyak 28.049 sak.

“Hari ini kami mendistribusikan 1650 sak, kami berterima kasih kepada bapak bupati yang terlibat langsung memastikan pendistribusian beras, kami juga mengapresiasi para camat yang menyalurkan hingga tingkat bawah,” jelasnya.(r7/mam)

Loading...

baca juga