D-ONENEWS.COM

Pemkot Sediakan Ruang Konsultasi, Tindakan hingga Peta Sebaran

 Website Lawan Covid-19 Surabaya

Salah satu bentuk perlawanan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya terhadap virus Covid-19 adalah peluncuran website dengan laman: https://lawancovid-19.surabaya.go.id. Situs resmi ini menyediakan berbagai informasi tentang Covid-19 dan layanan yang disiapkan oleh Pemkot Surabaya dalam menangani dan mencegah penularan virus Covid-19 ini.

Bahkan, website tersebut juga menyiapkan ruang konsultasi, tindakan hingga peta sebaran pasien Covid-19 yang ada di Kota Surabaya. Terobosan baru ini merupakan hasil kolaborasi antara Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Surabaya dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Surabaya M. Fikser mengatakan website yang bisa diakses melalui desktop dan mobile phone ini dibuat untuk sarana konsultasi seputar Covid 19. Mulai dari pengertian dan pemahamannya, cara mencegah sampai pada tataran tindakan yang langsung terhubung dengan petugas dari Dinkes.

“Bu Wali memberi nama website ini dengan Lawan Covid-19. Ini adalah ruang konsultasi antara warga dengan dinas terkait di Pemkot Surabaya, makanya di sini ada feedback langsung kepada warga yang berkonsultasi,” kata M Fikser di ruang kerjanya, Rabu (25/3/2020).

Menurut Fikser, untuk dapat memiliki akun di website yang dibikin langsung oleh Pemkot Surabaya ini, calon pengguna wajib mengisi identitas lengkap terlebih dahulu yang sesuai dengan pemilik akun. Pasalnya, hal tersebut akan berdampak pada fasilitas dan upaya penanganannya. “Jadi, kami berharap data identitas dan berbagai pertanyaan yang diajukan oleh sistem dalam website itu diisi dengan jujur dan benar. Sebab, kita tidak ingin ini disalahgunakan atau dibuat mainan,” lanjut Fikser.

Setelah memiliki akun, pengguna akan mendapatkan berbagai macam pelayanan. Tidak hanya konsultasi, nantinya website ini dapat terhubung dengan google map. Dimana admin web dapat melihat lokasi rumah sakit dan puskesmas terdekat user-nya. Selain itu,  pemilik akun juga bisa memantau keberadaan ratusan wastafel yang tersebar di Surabaya untuk memperoleh hand sanitizer.

“Ini akan memudahkan masyarakat dalam memperoleh hand sanitizer. Dimana setiap wastafel selalu ada hand sanitizer. Jadi aksesnya dekat, di posko mana saja kita kumpulkan. Jadi kita memang mendetailkan aplikasi ini supaya bisa benar-benar bisa bermanfaat bagi warga,” kata dia.

Menariknya, website ini juga menyediakan fitur peta sebaran Covid-19 yang ada di Kota Surabaya. Peta sebaran itu sudah seizin Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, dan diharapkan bisa menjadi petunjuk bagi warga untuk selalu waspada dan antisipasi, terutama di lokasi-lokasi yang menjadi sebaran virus ini.

“Semacam di satu wilayah tertentu kita berani taruh apakah itu ODP, PDP, atau bahkan ada indikasi suspect. Tapi kita rahasiakan itu semua, baik nama, alamat dan lainnya,” tegasnya.

Di samping itu, Fikser juga menjelaskan bahwa melalui website ini, warga bisa mendapatkan pelayanan sepaket. Sebab, website ini terkoneksi dengan pelayanan kependudukan di https://klampid.disdukcapilsurabaya.id/ dan pelayanan perijinan di http://ssw.surabaya.go.id./.

“Jadi, selain bisa mengetahui semua hal tentang Covid-19, warga juga bisa mendapatkan pelayanan kependudukan. Semua pelayanan itu bisa diakses dengan online melalui aplikasi ini. Jadi, kita selalu berupaya maksimal untuk melayani warga di tengah wabah virus Covid-19 ini,” pungkasnya. (ADV)

Loading...

baca juga