D-ONENEWS.COM

Per 31 Mei, Facebook Hapus Fitur Pelacak Lokasi

Jakarta (DOC) – Facebook mulai menghentikan sejumlah fitur melacak lokasi pengguna secara real-time, seperti Nearby Friends hingga notifikasi cuaca.

Dilansir dari Liputan6, Selasa (10/5), keputusan Facebook untuk menghapus fitur pelacakan lokasi ini karena jarang dipakai oleh pengguna layanan.

Lewat pemberitahuan ke pengguna, Facebook mengatakan akan mulai berhenti mengumpulkan data terkait dengan fitur ini pada 31 Mei 2022.

“Setelah melewati tanggal tersebut, Facebook akan menghapus semua data yang tersimpan di server pada 1 Agustus mendatang,” tulis Facebook.

Meta, perusahaan induk mengonfirmasi kabar penghentian fitur pelacak lokasi di platform media sosial miliknya tersebut.

“Meski sudah dihapus, pengguna masih bisa pakai Location Services untuk mengelola bagaimana informasi lokasi mereka dikumpulkan dan digunakan,” kata juru bicara Emil Vazquez kepada The Verge.

Walau dihapus, bukan berarti Facebook akan berhenti mengumpulkan data lokasi penggunanya sama sekali.

Berdasarkan catatannya kepada pengguna, perusahaan akan terus mengumpulkan informasi lokasi untuk pengalaman lain.

Beberapa meyakini, hal ini berhubungan dengan bagaimana iklan akan tampil sesuai dengan lokasi pengguna dan kebijakan datanya.

Informasi, pengguna dapat melihat, download, atau menghapus data lokasi mereka yang tersimpan di platform media sosial dengan cara masuk ke menu Settings dan Privacy.

Bila tidak dihapus secara manual, Facebook akan menghapus semua data yang tersimpan dan terkait dengan layanan pelacak lokasi pada 1 Agustus 2022. (lp6)

Loading...